Listed Articles

UOB Sabet Gelar Bank Ritel dan Perbankan Sektor UKM Terbaik

UOB Sabet Gelar Bank Ritel dan Perbankan Sektor UKM Terbaik

United Overseas Bank Limited (UOB) meraih penghargaan Bank Ritel Terbaik di Singapura (“the Best Retail Bank in Singapore”) dan Perbankan Sektor UKM Terbaik (“the Best SME Banking”) dalam program the 10th International Excellence in Retail Financial Service Awards yang diselenggarakan oleh The Asian Banker.

“UOB adalah satu dari sedikit lembaga domestik di Asia yang benar-benar memiliki visi untuk berkembang dari hanya memberikan pinjaman menjadi manajemen akun secara komprehensif (comprehensive account management), dan terus membangun platform regional yang dapat menyatukan berbagai jenis pasar,” ujar Chris Kapfer, Kepala Asian Banker Research terkait penghargaan yang diberikan pada 11 Maret 2011 lalu itu. Kapfer menambahkan, pada saat bank-bank di Singapura masih berjuang meningkatkan lini pertumbuhan mereka, UOB telah fokus pada penawaran produk yang beragam, memiliki kekuatan dalam pasar UKM dan akuisisi merchant sambil tetap mempertahankan momentum dan memiliki pertumbuhan yang melebihi pertumbuhan bank-bank lain dalam peers-nya.

“Pandangan konvensional menganggap pasar Singapura sebagai pasar yang sempit dan sudah jenuh. Namun, harus diingat pula bahwa setengah bagian lainnya, masih kosong. Ada banyak orang kaya, bahkan mungkin sangat kaya, yang memiliki kebutuhan finansial dan gaya hidup yang sangat tinggi. Mereka merupakan pasar yang sangat potensial. Baik pasar regular maupun premium, keduanya memiliki kebutuhan perbankan dan gaya hidupnya yang berbeda-beda,” ujar Eddie Khoo, Executive Vice President, Kepala Grup Personal Financial Services UOB.

Program the 10th International Excellence in Retail Financial Service Awards ini merupakan program tahunan yang diselenggarakan oleh The Asian Banker (“TAB”). Penghargaan diberikan kepada lembaga-lembaga yang memiliki komitmen untuk membangun franchise jangka panjang yang berkelanjutan dan menguntungkan. Para pemenang dipilih setelah melalui proses evaluasi ketat selama tiga bulan yang dilakukan oleh TAB dan dinilai oleh sebuah panel yang terdiri dari para bankir, konsultan dan akademisi global.

Untuk program penghargaan tahun 2011 ini, UOB merupakan pemenang tunggal atas 2 (dua) penghargaan, dimana terdapat lebih dari 170 bank dan lembaga keuangan dari 29 negara di Asia Pasifik, Timur Tengah, Asia Tengah dan Afrika bersaing memperebutkan 60 penghargaan.

Menurut TAB, UOB telah memperlihatkan pertumbuhan pendapatan (revenue) dan keuntungan (profit) yang solid dan berkelanjutan sambil membangun portofolio yang beragam, dengan kekuatan dan kelebihan khusus dalam sektor UKM, pembayaran, dan wealth management.

Dalam penilaiannya terhadap UOB, TAB juga memperhatikan bahwa pada tahun 2010 UOB telah memulai proses transformasi yang signifikan dalam bisnis perbankan sektor UKM-nya. Untuk memenuhi kebutuhan para nasabahnya, model operasional hybrid-nya ditujukan untuk menggabungkan yang “Terbaik dari Dua Dunia (Best of Two Worlds)” – efisiensi ritel dan kedalaman wholesale banking.

The Asian Banker juga memperhatikan bahwa UOB telah membuat kemajuan paling signifikan dalam perbankan sektor UKM di tingkat regional. Ini terbukti dari ke-67 cabang dan empat pusat Commercial Banking-nya, pendalaman dan perluasan penetrasinya, serta cakupan sektor dan pendekatannya yang unik terhadap para nasabahnya. Pada saat para pesaingnya masih berfluktuasi dalam fokus industri atau penghasilan pendapatannya, UOB terus meningkatkan lini pertumbuhannya, sehingga mencatat pertumbuhan kredit sebesar lebih dari 10% (yoy) dan perluasan pangsa pasar sebesar lebih dari 30% pasar di Singapura pada tahun 2010.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved