Wah, Wismilak Tawarkan Hibah Rp 2 Miliar

Wismilak kembali meramaikan ranah kewirausahaan dengan digelarnya kompetisi wirausaha Diplomat Success Challenge (DSC) 2015 untuk keenam kalinya. Kali ini, mereka mengiming-imingi hibah permodalan senilai total Rp 2 miliar untuk para pemenang. Jumlah itu menjadikan DSC sebagai program kompetisi  wirausaha dengan total hadiah terbesar di Indonesia. Program yang digelar oleh Wismilak Diplomat dan Wismilak Foundation ini selain memberikan bantuan modal usaha juga turut mengadakan program bimbingan manajemen bagi pemenang.
“Kompetisi ini terbuka baik untuk mereka yang telah memiliki embrio usaha dan telah menjalankan usahanya, dan tidak tertutup bagi mereka yang baru mempunyai rencana usaha namun memiliki kendala modal usaha,” ujar Surjanto Yasaputera selaku Chief Board of Commissioner Wismilak DSC dalam rilisnya.

(Kiri-Kanan) Helmy Yahya, Antarina S.F. Amir, dan Surjanto Yasaputera.   (Kiri-Kanan) Helmy Yahya, Antarina S.F. Amir, dan Surjanto Yasaputera.

Persyaratan lomba sangat sederhana, peminat diminta mengirimkan rencana usaha atau business plan mulai  12 Mei 2015 dan akan ditutup pada 12 Juli 2015. Dalam business plan tersebut tentu saja harus mencakup kelengkapan, antara lain; jenis usaha, pemahaman terhadap lanskap industri, target pasar, rencana pemasaran, rencana produksi, rencana keuangan serta proyeksi keuntungan dan pertumbuhan usaha.
Peserta yang lolos seleksi akan diminta memaparkan business plan tersebut dalam bentuk presentasi di hadapan dewan juri dan menjalani tahapan audisi. Tahap pertama seleksi adalah audisi. Pada tahap ini seluruh peserta yang mendaftar akan diseleksi menjadi 90 peserta terbaik. Mereka akan menjalani audisi sebagai  seleksi awal di tiga kota yakni Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.
Bandung adalah lokasi audisi peserta dari wilayah Indonesia Barat yaitu Sumatera, Kepulauan Riau, DKI Jakarta dan Jawa Barat. Yogyakarta adalah lokasi audisi untuk  peserta dari Kalimantan, DI Yogyakarta dan Jawa Tengah. Surabaya adalah lokasi audisi untuk peserta dari Sulawesi, Jawa Timur dan Indonesia Timur (mencakup Bali, Nusa Tenggara, Kepulauan Maluku dan Papua).
Di masing-masing kota tersebut, 30 peserta akan diseleksi kembali oleh tim Ganesha Entrepreneur Club selaku partner institusi dalam program ini serta tim Wismilak Diplomat. Untuk dapat maju ke babak 10 besar Market Challenge, peserta akan menghadapi Dewan Komisioner yang terdiri dari SurjantoYasaputera, Helmy Yahya dan Antarina S.F. Amir.
Untuk memperluas kesempatan bagi wirausaha dan para calon wirausaha, DSC 2015 memberikan penghargaan tambahan baru bagi 3 (tiga) presentasi bisnis terbaik, 5 (lima) kategori ide bisnis paling potensial serta 1 (satu) ide bisnis potensial yang juga memberikan dampak social pada masyarakat. Ditambah lagi, tahun ini selain pemenang utama, akan ada tambahan 3 (tiga) pemenang runner up.
Tahun ini DSC 2015 makin membuka kesempatan lebih luas bagi lebih banyak peserta untuk mendapatkan modal usaha. Kategori “wirausaha dengan ide bisnis paling potensial” akan diberikan kepada peserta dengan ide bisnis yang inovatif, menarik dan berpotensi memiliki nilai ekonomi tinggi bagi masyarakat sekelilingnya.
Tahapan seleksi selanjutnya adalah “Market Challenge” yang akan menguji 10 peserta terbaik dengan proposal usaha yang layak dijalankan. Mereka akan melalui ujian berikutnya di 3 kota yaitu Surabaya, Yogyakarta dan Bandung. Para peserta akan dihadapkan pada beberapa case study, yang akan mengukur kemampuan mereka untuk menjadi wirausaha yang andal. Peserta yang mampu melewati seluruh tahapan market challenge berhak untuk maju ke tahap Grand Final di Jakarta dan meraih hadiah utama.
Akhirnya, pada tahap “Grand Final” pada DSC 2015 akan menguji kembali enam (6) proposal usaha yang lolos dari tahapan Market Challenge. Satu pemenang utama akan mendapatkan total dana 500 juta rupiah. Tiga runner up masing-masing akan mendapatkan dana sebesar 200 juta rupiah. (Eddy Dwinanto Iskandar)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)