My Article

Kiat Mengakali Waktu

Oleh Admin
Kiat Mengakali Waktu

Wiwit, seorang pekerja swasta gontai berjalan. Padahal waktu sudah lewat dari 10 menit jam masuk kerjanya. Rupanya semalam, sehabis kuliah lanjut mengerjakan tugas dan kerja kelompok sampai larut malam. Di kantornya juga saat ini Wiwit menjadi sorotan tajam karena absensinya lambat laun yang terus merosot.

Arif Rachman – Corporate Marketing PPM Manajemen

Arif Rachman – Corporate Marketing PPM Manajemen

Tak bisa dipungkiri, mungkin banyak juga Wiwit-Wiwit lain dalam dunia kerja, atau malah di kantor kita sendiri menemui orang seperti Wiwit, seorang pekerja sekaligus pelajar. Bagaimana kalau kita ada di posisi tersebut? Bagaimanakah caranya agar bisa menyelamatkan kedua-duanya? pekerjaan dan perkuliahan. Atau bahkan malah kita yang hanya sebagai pekerja tapi sering ‘kehabisan’ waktu, karena tidak bisa mengelolanya dengan baik.

Sebut saja manajemen waktu, sebuah cara yang dapat dilakukan untuk menyeimbangkan waktu untuk dapat berkegiatan secara lebih terkontrol antara bekerja, belajar, bersantai serta beristirahat. Ketika dapat menyeimbangkan waktu, maka hasilnya adalah konsentrasi akan meningkat, produktivitas akan meningkat, dan tingkat stres pun akan berkurang.

Alasan mengapa mengelola waktu menjadi amat penting adalah, karena hidup itu sendiri dinamis, pun demikian dengan kegiatan baik dalam bekerja atau apapun. Semua bergerak kearah lebih dan lebih, datangnya pekerjaan baru, tugas-tugas baru, tanggung jawab baru dan hal-hal yang prioritas lainnya membuat kita wajib ‘mengakali’ waktu.

Sejatinya kunci dari mengelola waktu adalah perencanaan (planning). Tanpanya maka tidak akan optimal meraih pengelolaan waktu. Berjanjilah pada diri sendiri untuk lebih terencana, lebih terorganisir dan fokus, biasakan tidak dengan sengaja menunda-menunda sesuatu.

Dari berbagai literatur serta bahan ajar pelatihan-pelatihan pengelolaan waktu yang pernah menerpa penulis, berikut adalah beberapa kiat yang sekiranya bisa dijadikan pola kita dalam mengelola waktu.

Semoga dengan mengakali waktu, kinerja kita menjadi lebih produktif.

Oleh : Arif Rachman – Corporate Marketing PPM Manajemen


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved