Profile Profil Profesional

Besarkan JD.ID, Ramadhan Niendraputra Kuatkan Sisi Komunikasi

Besarkan JD.ID, Ramadhan Niendraputra Kuatkan Sisi Komunikasi

Pertumbuhan JD.ID sebagai e-commerce di Indonesia semakin agresif. Apalagi dengan penambahan jumlah merchant, rencana untuk ekspansi gudang dan jasa pengantaran di tahun 2017. Keberhasilan marketplace ini tidak terlepas dari peran Ramadhan Niendraputra. Bergabung dengan JD.ID sejak 2016 lalu, ia menjabat sebagai Head of Merchandising (Household Category).

“Di posisi ini, saya bertanggungjawab dalam mengembangkan bisnis ini end-to-end. Mulai dari mengonsep business vision dari kategori ini untuk beberapa waktu ke depan, on boarding supplier dan brand principles. Lalu mengembangkan business plan dengan mereka, hingga kemudian bertanggung jawab dalam penjualan dan manajemen stok,” ujar pria lulusan Teknik Industri, ITB. Ia juga melakukan koordinasi dengan tim marketing hingga tim warehouse, untuk memastikan pelanggan terpuaskan dengan layanan.

Memiliki keleluasan sebagai business decision maker, ia menemui beberapa tantangan. Salah satunya ialah brand engagement, karena masih tergolong baru hadir di pasar Indonesia, JD.ID masih mengalami kesulitan meyakinkan brand principles untuk bekerja sama. Ia pun memiliki cara jitu dengan intensive communication dan showing our intention to really grow their brands, yaitu dengan langkah awal yang baik dalam menjalin kerjasama dan adanya milestones kecil, ia optimis kepercayaan akan tumbuh. “Intinya komunikasi,” katanya.

Ia juga melakukan kolaborasi lebih erat dengan departemen lain di internal perusahaan, dalam hal ini terutama marketing dan warehouse. Masing-masing department memiliki prioritas masing-masing yang kadang tidak saling kongruen dengan marketplace yang menyasar segmen middle up ini. “Yang penting juga adalah crunching the data, karena kalau kerja di ecommerce kita sebenarnya kebanjiran data-data. Dan banyak pattern menarik dari data-data tersebut yang bisa sangat membantu dalam mengambil keputusan strategis,” tambahnnya.

Strategi ini pun berhasil membuat household category telah tumbuh lebih dari 2 kali lipat secara revenue nya selama 8-9 bulan terakhir, dan beberapa brand besar menjalin exclusive partnership dan exclusive deals. Keberhasilannya ini tidak lepas dari kegiatan diskusi dengan rekan yang lebih ahli di bidang e-commerce maupun di retail.

Ketika di tanya, mengenai keinginannya ke depan, pria yang pernah menjadi Tim Staf Khusus Menteri Perdagangan era Mari Elka Pangestu ini menyatakan cita-citanya menjadi seorang entrepreneur, atau menjadi orang yang berperan strategis di suatu perusahaan dan memiliki keleluasaan besar dalam bergerak seperti enterpreneur.

“Dan saat ini saya sedang mengumpulkan modalnya satu per saatu, utamanya skill set dan networks. Sedangkan dalam waktu dekat ini saya ingin lebih dalam terlibat di industri ini lebih banyak dan belajar lagi mengenai perkembangan industri teknologi dan start-up di Indonesia sekaligus menambah jejaring dan keahlian yang dibutuhkan untuk menjadi seorang entrepreneur yang baik,” tuturnya.

Editor : Eva Martha Rahayu


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved