Profile

Deny Santosa, Berambisi Jadikan Brother Merek Teratas

Deny Santosa, Berambisi Jadikan Brother Merek Teratas

Selama 12 tahun bergelut dalam penjualan dan pemasaran di sebuah perusahaan elektronik, membuat Deny Santosa (39) jatuh hati pada bidang yang dijalaninya. Pada perjalanan kariernya, pria lulusan Manajemen dari Philipina School of Business Administration ini kemudian memilih bergabung dengan PT Brother International Sales Indonesia dengan jabatan Sales and Marketing Manager sejak 5 tahun lalu. Tak lantas berpuas diri, Deny mengungkapkan masih banyak ambisi yang ingin diraihnya baik dalam pekerjaan maupun ambisi pribadi.

Brother

Berikut petikan wawancara dengan Deny Santosa mengenai sepak terjangnya meniti karier kepada Indah Pertiwi dari SWA Online.

Sejak kapan Anda bekerja di PT Brother International Sales Indonesia?

Saya bergabung dengan PT Brother International Sales Indonesia sejak Mei 2009, dan menjabat sebagai Sales and Marketing Manager.

Tanggung jawabnya meliputi apa saja?

Saya bertugas untuk memperluas penjualan dan strategi pemasaran di seluruh wilayah Indonesia.

Sebelum bergabung bersama Brother apakah pekerjaan Anda terdahulu juga berkaitan dengan sales dan marketing?

Sebelum bekerja di PT Brother International Sales Indonesia, saya memiliki pengalaman selama 12 tahun di bidang penjualan dan pemasaran di sebuah perusahaan elektronik multinasional. Saya bertanggung jawab atas kestabilan pertumbuhan merek dan profitabilitas bagi perusahaan di wilayah Indonesia pada saat itu.

Prestasi apa yang telah diperoleh selama menjabat menjadi Sales and Marketing Manager ?

Sejak tahun 2009 sampai sekarang, penjualan kami telah mencapai 7x lipat dan beberapa kategori printer, market share kami mencapai top 3. Secara pribadi, ada kepuasan sendiri dalam membangun brand dan kultur perusahaan yang “muda” dan “profesional “

Tantangan apa saja yang dihadapi?

Membangun merek dan jaringan penjualan menjadi tantangan terbesar. Kompetisi dengan brand-brand raksasa yang sudah lebih lama di berinvestasi di Indonesia dan mulai meningkatkan kembali kepercayaan dealer kepada Brother yang sudah lama ‘tertidur’ di Indonesia.

Untuk ke depannya goal apa yang ingin diraih dalam pekerjaan?

Pada 5 tahun pertama ini merupakan tahap pertama pengembangan business Brother di Indonesia, sekarang kami akan lebih berinventasi untuk 5 tahun kedua ini. Target kami adalah menaikkan market share dan menambah jaringan penjualan. Dan yang paling penting lagi adalah memberikan business yang lebih menguntungkan kepada saluran distribusi kami.

Apakah ambisi Anda saat ini dalam mengembangkan Brother?

Saya ingin menjadikan Brother sebagai salah satu merek teratas, terpercaya, dan ramah lingkungan di Indonesia dalam setiap kategori produk yang Brother jual. Bukan hanya dalam kategori printer tapi juga dalam kategori mesin jahit, label printer, fax, dan mesin ketik.

Untuk ambisi hidup pribadi apa yang masih ingin dicapai?

Haha… ini agak sulit nih jawabnya. Keluarga adalah faktor utama hidup saya. Ambisinya adalah untuk menciptakan work life balance yang optimal bagi Brother Indonesia dan keluarga. Creating a great family development akan menambah motivasi dan semangat untuk lebih kreatif dan hidup lebih baik. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved