Edina Noor Kembangkan Budaya Digital BNI

Asisten Manajer Human Capital System PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., Edina Noor Utami.

Bergabung bersama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. sejak tahun 2016, Edina Noor Utami kini menjabat sebagai Asisten Manajer Human Capital System BNI. Ia bertanggung jawab atas pengembangan kebijakan SDM workforce planning dan competency management.

Hal utama yang dilakukan Edina dan tim adalah membangun kebijakan terkait SDM, mulai dari kebijakan melaksanakan akuisisi talenta. “Saat ini BNI juga sedang membangun HC Analytics,” ungkap Edina. Membawahi sekitar 27.600 pegawai BNI dan sebagian besar jenjang jabatannya di level asisten, kebijakan BNI mengelola SDM terdiri dari lima aspek. Di antaranya adalah akuisisi, klasifikasi, pengembangan, dan mobilitas talenta.

Menurutnya, program rotasi pegawai dimiliki BNI berupa pemberian beasiswa kuliah dan penugasan sementara di luar negeri. “Untuk tahun ini akan ada 15 orang yang akan belajar ke luar negeri, dan dalam dua tahun terakhir BNI menugaskan 26 pegawai ke luar negeri. Maka dari itu kami harus mempercepat development leadership dari karyawan internal BNI,” ungkapnya.

Re-statement visi yang dimiliki BNI sebagai digital financial solution yang komprehensif dan terpercaya, dicapai melalui dua hal. Pertama, karyawan yang engaged dan kedua, karyawan yang produktif. “Di situlah human capital berperan untuk memberikan intervensi di dalamnya,” ujarnya. BNI memlilih Human Capital Architecture yang menjadi landasan dalam pengelolaannya, d imana EVP perusahaan menjadi tempat terbaik untuk bertumbuh, belajar, dan berkontribusi.

Bagi SDM yang mereka kelola, leadership dipersiapkan BNI tidak hanya pada talent yang telah menjadi leader. Namun juga talent awal saat mereka masuk. Edina juga menyoroti tiga hal mengenai information, communication, dan technology. “Service dan administrasi akan dikurangi dengan otomastisasi. Data analytics & insight mengenai human capital dilakukan sejalan dengan BNI 4.0. Selanjutnya, communication & advisory sebagai learning & development yang kini telah mengarah kepada individual learning,” jelasnya.

Transformasi SDM BNI ke pola pikir digital telah dipersiapkan untuk membangun go digitally mindset. Dalam proyekt ini Edina terlibat, ia juga memberikan contoh sederhana mengenai pola pikir digital seperti menuliskan catatan analisa melalui surat elektronik dan paperless.

 

Reportase: Arie Liliyah

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)