Handoko Menerapkan Aplikasi OSI HR di Surya Madistrindo

Payroll & Benefit Administration Manager PT Surya Madistrindo, Handoko Setiawan

Handoko Setiawan mengawali kariernya sebagai staf bidang teknologi informasi di PT Golden Tangguh Pratama pada 2010.

Lalu, lulusan Ilmu Komputer Universitas Surabaya (UBAYA) ini pindah ke  PT Surya Madistrindo (anak perusahaan PT Gudang Garam Tbk.) dan sejak Juni 2016  menjabat sebagai Payroll & Benefit Administration Manager. Dengan tugas dan tanggungjawab mengelola SDM, ia mengajukan penerapan aplikasi One Stop Information (OSI)  Human Resources  (HR) ke manajemen.

Sebagai distributor tunggal rokok Gudang Garam, Surya Madistrindo  memiliki pegawai lebih dari 15 ribu yang tersebar di 200 kantor cabang seluruh Indonesia. Nah, dengan adanya aplikasi OSI HR akan memudahkan karyawan mengakses informasi.

"Aplikasi in  berfungsi memberikan kemudahan akses dalam mendapatkan informasi ke karyawan secara mandiri, cepat, dan akurat yang berdampak pada efektivitas dan produktivitas kerja meskipun dalam mobilitas pekerjaan yang tinggi,” papar Handoko.

Menurutnya, OSI HR yang digagasanya dapat mengurangi proses birokrasi karena karyawan mendapat akses langsung melalui aplikasi tersebut. “Melalui aplikasi OS HR memberikan kemudahan pekerjaan karyawan, sehingga semakin lebih efektif,” ungkapnya. Fitur ini dilengkapi dengan fitur informasi pegawai, self service karyawan, learning management, profil karyawan, informasi dunia luar, dan contact center (HR helpdesk). Dengan adanya aplikasi ini dibutuhkan masa transisi karena akan terjadi change management dari yang semula manual menjadi berbasis teknolgi.

OSI HR dikembangkan sejak Januari 2018 dan ditargetkan beroperasi pada pertengahan Juni 2018. Handoko meyakini OSI HR dapat menjadi bagian dari masa depan pengembangan HR. Selain meningkatkan engagement karyawan, aplikasi itu dapat memberikan kesempatan pada SDM terkait kinerja yang telah ia lakukan, career path, benefit dan rewards. “Aplikasi ini juga mendukung generasi milenial dalam bekerja sehari-hari yang jumlahnya 85% dari total karyawan kami,” jelasnya.

Reportase: Jeihan Kahfi Barlian

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)