Dedy Rochimat Merintis Vivere Group Sejak Tahun 1984

Memulai sebuah usaha dan menjadikan besar, tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Begitu pula yang dihadapi oleh Dedy Rochimat, pendiri perusahaan dan anak perusahan Vivere Group. Pria kelahiran Pontianak, 22 Maret 1957 ini, lebih dari 30 tahun lalu merintis usaha furniture.

Dedy RochimatAyah dari 3 orang anak yang juga pehobi makan dan nongkrong ini, berhasil mendirikan perusahaan yang sudah besar dan menjadi salah satu perusahaan furniture terbaik di Indonesia. Bagaimana Sarjana Teknik Sipil, Institut Sains dan Teknologi dan Master dari Prasetya Mulya, Bisnis School, Jakartaa  ini membangun usahanya, berikut ini penuturannya kepada Istihanah dari SWA Online.

Bagaimana Anda mengawali bisnis di Vivere Group ini?

Saya memulai bisnis ini di tahun 1984 dengan jumlah pegawai saat itu hanya 10 orang dengan nama PT Gema Graha Sarana Tbk (GGS). Saat itu, kami sudah memulai bisnis di bidang furniture. Kemudian bisnis kami berkembang dan di tahun 1993 kami membangun pabrik di daerah Lippo Cikarang.

Apakah Anda mengalami kendala saat membangun perusahaan ini?

Dalam berbisnis tentu saja ada hambatan-hambatan, kalau berbisnis tanpa kendala nantinya kita tidak akan belajar. Dalam berbisnis kendala adalah ujian yang seluruh pebisnis harus lewati, jika kendala tersebut tidak terlewati maka mereka akan tidak lulus menjadi pebisnis.

Saat saya membangun bisnis ini, kendala yang saya hadapi adalah naiknya harga kurs US$ yang menyebabkan bahan baku naik dan orderan untuk produk kami sedikit. Kedua hal itulah yang sering saya alami selama membangun usaha ini.

Kalau klien pertama Anda siapa?

Klien pertama saya Toyota Astra Motor di tahun 1986. Saat itu saya membuat sebuah pameran tunggal untuk The New Kijang Baru Full Pressbody.

Saat ini, Anda memimpin berapa perusahaan dan apa posisi Anda?

Saat ini saya memimpin empat perusahaan di Vivere Group ini, antara lain menjabat sebagai Presiden Direktur PT Laminatech Kreasi Sarana and PT Vinotindo Grahasarana, Presiden Komisaris PT Virucci Indogriya Sarana, PT Prasetya Gemamulia dan PT Vivere Multi Kreasi.

Apa kunci sukses Anda sampai memiliki perusahaan sebesar Vivere Group ini?

Kunci sukses saya sebagai pengusaha adalah kerja keras, menjadi seorang pengusaha tidak mau bekerja keras, tentu saja usahanya tidak akan bisa berkembang. Kemudian, integritas dalam sebuah perusahaan tentu sangatlah penting, karena tanpa adanya integritas perusahaan tidak akan pernah tumbuh dan berkembang dan yang terakhir adalah fokus. Saya membangun bisnis ini sejak awal adalah furnitur dan sampai saat ini saya masih tetap fokus terhadap bidang ini, walaupun saya juga berinovasi terhadap barang yang lain , tetapi bisnis utama saya tetap yang terbesar di furniture. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)