Entrepreneur

Hisana Miliki 630 Outlet, Ini Rahasianya

Hisana Miliki 630 Outlet, Ini Rahasianya

Hisana Fried Chicken berkembang pesat selama lima tahun terakhir. Total sudah ada 630-an outlet yang tersebar di 11 provinsi di Indonesia. Pendirinya, Tatang Suharta ingin outlet Hisana Fried Chicken terus ekspansi ke seluruh penjuru Tanah Air.

“Targetnya pada 2020 mendatang, kami ingin memiliki 2.000 outlet di seluruh provinsi di Indonesia,” kata Yudi, Wakil Dirut PT Selahonje Jaya Abadi (Hisana Fried Chicken).

Dari satu gerai kaki lima di Bekasi, Tatang sukses merebut hati jutaan penduduk Indonesia. Selama 5 tahun terakhir, jumlah outlet Hisana Fried Chicken bertambah tiga kali lipat. Kualitas, kecepatan layanan, dan rasa ayam krispi yang tiada duanya membuat konsumen tak bisa berpaling ke merek lain.

“DNA Hisana adalah take away. Untuk masyarakat yang ingin cepat dan menikmati ayam dengan rasa yang enak, seperti market leader, yakni KFC dan McD,” kata Yudi.

Owner Hisana Fried Chicken, Tatang Suharta (tengah)/Foto: Hisana

Owner Hisana Fried Chicken, Tatang Suharta (tengah)/Foto: Hisana

Tak hanya wilayah Jabodetabek, Hisana Fried Chicken sudah berhasil menembus kota-kota besar lainnya di Indonesia seperti Surabaya, Purwakarta, Bandung, Batam, Medan, dan Balikpapan. Apa rahasianya? Menurut Yudi, perseroan memiliki departemen RnD yang khusus mengembangkan produk.

“Mereka yang mendevelop rasa, kemudian tepungnya. Mereka rutin memperbaiki taste ayam yang menjadi main product Hisana. Dari sini, kemudian lahir produk baru seperti nugget pisang, onde-onde, dan lainnya,” kata dia.

Yang tidak kalah penting adalah konsep syariah yang diterapkan perseroan. Karyawan juga punya saham di perseroan. Dengan ikut memiliki, karyawan akan lebih semangat bekerja, bahu-membahu mengembangkan Hisana Fried Chicken ke seluruh pelosok nusantara.

“Konsepnya bagi hasil. Tidak ada riba. Kepemilikan karyawan 20%. Inilah yang membuat Hisana Fried Chicken bisa bertahan sampai sekarang, sudah 10 tahun. Semua produknya mendapat sertifikat halal dari MUI,” kata dia.

Untuk mendukung target 2020, lanjut dia, perseroan kini tengah bertransformasi. Meliputi, perbaikan sistem, organisasi, penganggaran, dan pengukuran lainnya agar semua bisa dikontrol. Untuk mengelola 600 lebih outlet Hisana Fried Chicken, dibutuhkan sistem yang lebih baik.

Untuk meningkatkan brand awareness, perseroan hanya mengandalkan skema Word of Mouth. Kuncinya adalah produk yang berkualitas dari segi rasa, kebersihan, kecepatan layanan, dan ragamnya. Selain ayam goreng krispi yang menjadi produk utama, Hisana juga menawarkan burger, kentang, onde-onde, nugget pisang, dan es krim.

Setiap harinya, Hisana Fried Chicken menyuplai 7.000-8.000 ekor ayam ke seluruh gerai mereka. Tahun ini, mereka menargetkan pertumbuhan 22%. Meski begitu, manajemen tidak bersedia merinci nominal target pendapatan dan laba pada tahun ini.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved