Entrepreneur

Sering ke Barbershop, Ranggaswara dkk Kibarkan Mansion Yard

Sering ke Barbershop, Ranggaswara dkk Kibarkan Mansion Yard

Ingin mencoba tatanan rambut yang berbeda, suatu hari Ranggaswara Prasetya masuk ke sebuah barbershop. Siapa sangka rambut keritingnya bisa diubah dengan tatanan rambut yang cool dan elegan. Sejak itu, Rangga sapaan pria kelahiran Jakarta, 6 Oktober 1990 itu terlintas untuk mendirikan bisnis barbershop.

“Setiap ada masalah pasti membutuhkan sebuah solusi. Bisa jadi masalah rambut yang saya miliki mewakili pria lain di Jakarta,” kenang Rangga pada SWA Online saat ditemui di Jakarta beberapa hari yang lalu.

Ranggaswara Prasetya (kiri) Nanda Yanadi dan Eko Fachrurozi, Owner Mansion Yard

Ranggaswara Prasetya (kiri) Nanda Yanadi dan Eko Fachrurozi, Owner Mansion Yard

Akhirnya, Rangga mengajak ke dua temannya Nanda Yanadi dan Eko Fachrurozi yang saat itu mereka bertiga masih berstatus karyawan di PT Astra International bagian marketing. Dengan modal patungan usaha bertiga sebesar Rp 240 juta, mereka resign dari pekerjaan sebelumnya dan mendirikan sebuah barbershop bernama Mansion Yard.

Konsep yang diusung perpaduan antara tempat cukur rambut (barbershop), coffeeshop dan shoe cleaning dalam satu tempat. Sebuah tempat yang sengaja didesain untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup pria masa kini. “Ya bisa dibilang sebagai gantlement playhouse,” tambah Rangga lagi.

Rangga mengaku, awal ide tersebut muncul dari interaksi dengan para customer yang ingin mengerjakan banyak hal dalam satu tempat, dan kopi adalah salah satu request terbanyak yang diinginkan dari pelanggan setelah potong rambut.

Pertama kali berdiri di Kelapa Gading pada bulan Agustus 2014 lalu, peminatnya terus bertambah, sehingga ada sekitar 1.600 orang per bulan yang berkunjung ke Mansion Yard untuk potong rambut. Rata-rata setiap pengunjung dua kali dalam satu bulan. Dan, hasilnya selama 6 bulan beroperasi dengan dibantu 8 karyawan, modal pertama yang dikeluarkan sudah balik modal.

Sebelum mendirikan bisnis barbershop, Sarjana Keuangan lulusan Universitas Prasetya Mulia itu, pernah mengikuti lomba business plan di Singapura selama 2 bulan. Pengalaman itu pula yang mengasah insting bisnis Rangga, sehingga bisa meraih omset hingga Rp 110 juta per bulan dan bisa mendirikan cabang Mansion Yard ke dua di Taman Ratu Jakarta Barat dengan investasi sebesar Rp 500 juta.

“Ke depan kami berencana buka franchise dengan harga Rp 40 juta, bulan Juni depan sudah siap untuk franchise perdananya,” terang Rangga lagi.

Edukasi pada karyawan merupakan salah satu kendala yang dirasakan Rangga. Mesti begitu dengan mengedepankan kualitas dan layanan yang ramah dari capture adalah cara ampuh menjaga loyalitas pelanggannya. Selain itu, dengan membuat promosi bayar suka-suka selama 5 hari pertama buka dan membuat keramaian saat pembukaan akan menarik pelanggan untuk datang. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved