Profile

Theo T. Gazali, Selalu Terjun ke Bagian Consumer

Theo T. Gazali, Selalu Terjun ke Bagian Consumer

Dunia penjualan pasti tidak asing lagi bagi Theo T. Gazali. Sejak awal meniti karier hingga kini posisinya di level top management, pria kelahiran 14 November 1959 itu banyak menghabiskan waktunya untuk mengurusi bidang consumer.

Nah, bagaimana tantangan dan pembenahan yang dilakukan Sales & Marketing Director PT Dua Kelinci itu di perusahaan sncak kacang dan produk turunannya, dipaparkan kepada Destiwati Sitanggang dari SWA Online berikut ini.

Boleh tahu pendidikan terakhir Anda di mana?

Saya meraih gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Atmajaya

Bagaimana perjalanan karier Anda?

Saya selalu bekerja di bagian consumer. Saya pernah bekerja di PT BAT Indonesia, Mayora, Frisian Flag Indonesia, Tiga Raksa. Dulu awal karier tentu posisi saya sebagai trainee, tapi sekarang selalu menjadi direktur penjualan. Theo T. Gazali Sejak kapan bergabung di Dua Kelinci?

Mulai tahun 2012

Tanggung jawab yang diemban apa saja? Bertanggung jawab untuk mencapai tujuan divisi tersebut. Sales mesti tercapai, marketingnya mesti berjalan dengan baik.

Prestasi apa saja yang pernah dihasilkan?

Banyak perubahan yang kami buat dan memperbaiki sistem-sistem yang ada. Buat saya, hasil yang baik, kalau prosesnya benar. Oleh karena itu, prosesnya ini kami rapikan dulu. Sehingga di tahun pertama, saya melakukan perubahan, namanya Spirit Challenge to Changes, tantangan untuk berubah.

Ketika semua sudah berubah, di tahun 2013 kami mulai take off, dengan spirit baru, yaitu Gesit, Gerak Selalu Cepat, Implementasi Tepat. Setelah perubahan sistem, tentunya implemntasi menjadi suatu yang penting, oleh karena itu implementasi dikejar.

Di tahun 2014 kami punya spirit baru, namanya Gemilang, Bergerak Makin Rapat Makin Lengkap, artinya barang kita harus makin banyak di toko-toko dan harus makin lengkap. Sekali, saya sangat menghargai proses, hasil bisa baik tanpa proses yang benar, tapi toh tidak akan langgeng.

Tantangan yang dihadapi apa saja?

Pertama, bagaimana menyamakan persepsi. Kedua, bagaimana mendapatkan partner-partner distribusi yang tepat. Kemudian, bagaimana menetapkan strategi komunikasi yang paling tepat, karena barang kami ini sifat kebutuhannya tidak membutuhkan rencana. Lalu bagaimana kami bisa menyediakan barang itu dengan baik di konsumen, dan tentunya bagaimana sistem yang ini bsa berjalan dengan baik.

Harapan ke depan?

Tentu Dua Kelinci akan terus menjadi pemenang, di pasar atau di kategori dimana produk kami berada. Kemudian, berkontribusi untuk sekeliling kita, men-drive pertumbuhan pasar. Kami juga bisa berkontribusi devisa, karena bisa ekspor. Paling tidak memberikan makna untuk konsumen kita dan negara kita. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved