Bagaimana Anda Berkontribusi kepada Dunia

Judul         : Life’s Great Question

 Discover How You Contribute to The World

Penulis       : Tom Rath

Terbit          : 2020

Tebal         : 151 Halaman

Tom Rath tahu bahwa dirinya terkena satu jenis kanker yang sangat langka sejak usia 16 tahun, dan diperkirakah hidupnya tidak akan panjang. Sehingga, pada pertemuan keluarga, salah satu familinya berkata, “Tom tidak aku duga kamu bisa sampai sekarang masih sehat.” Ini adalah 25 tahun setelah Tom tahu dia kena kanker itu. Menurut Tom, kesadaran bahwa hidupnya tidak panjang membuat dia menghargai setiap waktu yang dia miliki. Membuat dia selalu merasakan sense of urgency (perasaan genting) dalam hidupnya.

Tom Rath adalah cucu Don Clifton, pendiri Gallup Organization. Tom adalah penulis yang paling menghasilkan uang di Amazon untuk kriteria buku nonfiksi. Buku-buku best seller-nya termasuk Strengthfinder 2.0, How Full is Your Bucket, Strengths Based Leadership, dan Well Being. Tom seorang periset unggul yang mempelajari perilaku orang dalam pekerjaannya.

Kutipan di awal buku ini adalah “Life’s most persistent and urgent questions is: What are you doing for others?” (Dr. Martin Luther King, Jr.) Pertanyaan paling mendasar dan penting dalam hidup adalah: Apa yang kita lakukan untuk orang lain? Kutipan ini yang selalu menjadi sebuah tanda tanya terbesar untuk Tom dan membuatnya melakukan banyak riset unik yang akhirnya menjadi buku ini.

Ucapan Tom yang paling terkenal adalah “You can’t be anything you want to be, but you can be a lot more of who you already are.” Anda tidak bisa memilih menjadi apa semau Anda, tetapi Anda bisa menjadi lebih dari diri Anda sendiri. Tom adalah orang yang sangat percaya akan talenta dan kekuatan kita dalam membangun kehidupan kita.

Di tahun 1997, Tom menyurvei 1.099 orang dengan pertanyaan “Mana yang lebih Anda sukai: Diingat sebagai orang yang memberikan kontribusi kepada masyarakat, atau diingat sebagai orang yang mampu mendapatkan kekayaan dan kedudukan.” Sebanyak 960 orang, 90%nya, memilih yang pertama. Kita semua sebenarnya mempunyai akar pemikiran untuk mau memberikan kontribusi buat orang lain dan masyarakat.

Tom percaya bahwa orang akan lebih baik dan lebih bahagia memilih jalan “Follow Your Contribution”. Jalan di mana Anda bisa berkontribusi, daripada “Follow Your Passion”. Ikuti gairahmu. Pemikiran kontribusi akan membuat kita menjadi orang yang bermakna dan mempunyai tujuan hidup lebih mulia.

Mungkin karena saya 59 tahun, jadi buku ini lebih beresonansi dengan saya. Ini pula yang mungkin membuat orang-orang kaya dunia mau melakukan kontribusi dan membagikan kekayaannya kepada banyak orang. Perasaan memberi sering mendatangkan lebih banyak sukacita daripada menikmati apa pun sendiri.

Buku ini disertai dua assessment, yang dipakai untuk melihat bagaimana cara kita bisa berkontribusi dengan lebih baik, atau tipe apa yang menjadi kekuatan buat kita berkontribusi itu. Tom menemukan 12 tipe orang dalam kekuatannya memberikan kontribusi, yang dibagi dalam tiga kelompok besar.

Create, atau menciptakan, merupakan kelompok pertama dengan empat tipe: Initiating, Challenging, Teaching, dan Visioning. Kelompok kedua, Relate, mempunyai empat tipe: Connecting, Energizing, Percieving, dan Influencing. Adapun kelompok ketiga, Operate, mempunyai empat tipe juga: Organizing, Achieving, Adapting, dan Scaling. Saya ternyata bertipe Initiating, Teaching, dan Adapting. Tipe Tom sendiri: Visioning, Initiating, dan Teaching.

Tiga kelompok yang berbeda ini, Create–Relate–Operate, memiliki kekuatan masing-masing yang berbeda. Dan, semua “tim” haruslah sadar akan kekuatan masing-masing tipe yang akan membangun sebuah kerjasama sinergi yang lebih baik bila kita bisa saling memahami perbedaan dan kekuatan kita masing-masing.

Kehidupan seseorang, menurut Tom, sangatlah tidak linier, bukan garis lurus, tetapi terjadi naik-turun yang tidak terduga sebelumnya. Yang naiknya tinggi atau turunnya deras, tanpa disadari. Kita adalah kita sendiri, dalam perjalanan kehidupan yang berbeda, bagaimana pengalaman penting dalam hidup kita membentuk kita, dan membuat kita lebih fokus pada “peran (role)” kita dalam hidup ini.

Buku kecil pendek ini, 40% di depan adalah penjelasan, yang saya baca habis dalam tiga jam. Di belakang, buku ini menjelaskan ke-12 tipe dengan detail: bagaimana kita bisa lebih memahami setiap tipe, bagaimana kita bisa berkontribusi lebih di sekeliling kita dan dalam kehidupan orang lain.

Ada beberapa saran dalam buku ini. Kerjakanlah hal-hal yang bisa memperbaiki kehidupan orang-orang di sekeliling Anda. Punyai harapan dan tujuan hidup yang lebih besar daripada sekadar mencari uang dalam hidup ini. Tinggalkan tempat kerja Anda dan pulang dengan keadaan jiwa yang sama atau lebih baik daripada saat Anda sampai di tempat kerja. Dapatkan kebebasan dalam berkarya, yang memiliki kemandirian dan kontrol sendiri.

Buku ini kecil, pendek, dan sederhana, tetapi memberikan pemikiran yang mendalam. Buku-buku kecil sederhana yang memberikan pemikiran mendalam justru sering membekas dalam pemikiran kita. Seperti Purple Cow, Start with Why, atau Blink yang dasar-dasarnya bisa dijelaskan dalam lima menit, tetapi membuat kita berpikir panjang. Dan, mungkin malah mengubah sudut pandang kita terhadap kehidupan ini. Ini buku bagus, yang berguna dan bercerita banyak bagaimana kita bisa berbuat banyak untuk dunia ini. (*)

Tanadi Santoso

*) Certified Gallup Strengths Coach, pembicara public, dan pelatih korporat.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)