2019, Sharp Targetkan Penjualan Tembus Rp 10 Triliun

(Kiri-kanan) : Tadashi Ohyama, CEO PT Sharp Electronics Indonesia (SEID), Andri Adi Utomo, National Sales Senior General Manager PT SEID, Ardy - Asst. General Manager AUVI Product Strategy, Yoshihiro Hashimoto, Executive Managing Officer Head of President's Office, Shinji Teraoka, President Director PT SEID, Masahiro Akiyoshi, GM TV Factory disela-sela peluncuran Aquos 8K ‘Capture Real Beauty di Nusa Dua, Bali.

PT Sharp Electronics Indonesia berhasil menikmati pertumbuhan penjualan di tengah melemahnya bisnis elektronik di Indonesia. Bila tahun 2018, secara keseluruhan pertumbuhan bisnis elektronik kurang dari 5%, tapi Sharp justru mendogkrak pertumbuhan hingga 180%.

Menurut Andry Adi Utomo, General Manager National Sales Senior SEID, hingga akhir tahun 2018, penjualan SEID mencapai Rp 8,750 triliun. Hal tersebut didukung oleh penjualan beberapa produk andalan seperti mesin cuci (1,2 juta unit), kulkas (1,1 juta unit), LED TV (1,1 juta unit), AC (700 ribu unit) dan produk lainnya (600 ribu unit).

Andry menambahkan, keberhasilan tersebut membuat beberapa katagori produk Sharp menjadi market leader di Indonesia, dengan pangsa pasar masing-masing seperti kulkas (24,8%), LED TV (22,8%), AC (27,6%) dan mesin cuci(25,7%). "Saat ini keempat katagori ini, saat ini Sharp Nomor 1," kata Andry.

Secara potensi, peluang market di Indonesia masih besar. Andri menuturkan penetrasi pasar untuk beberapa produk seperti kulkas (65%-75%), LED TV (25%-30%), AC(25%-30%), dan mesin cuci (45%-55%).Hal mencerminkan potensi market untuk LEF TV dan AC masih sangat besar di Indonesia.

Keberhasilan Sharp mendongkrak penjualan juga didukung oleh kehadiran produk-produk yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar seperti produk kulkas halal, azan tv, dan mesin cuci hijab.

Untuk produk TV misalnya Sharp menghadirkan TV terbarunya dengan fitur unik yang dibutuhkan umat muslim yaitu TV Azan. LED TV pertama di Indonesia yang memiliki fitur Azan tersebut merupakan bentuk keseriusan perusahaan menjadi produsen elektronik yang dekat dengan masyarakat lokal. Tentunya juga peduli akan kebutuhan masyarakat sesungguhnya.

TV ini dirancang khusus suara azan yang dilantunkan spesial oleh Muzammil Hasballah, azan TV ini mampu menggemakan suara Azan sebagai penanda solat 5 waktu secara otomatis melalui pengaturan awal yang sangat mudah. Konsumen hanya perlu memilih lokasi sesuai keberadaan TV dan jadwal azan untuk solat 5 waktu akan otomatis muncul.

Diakui Andry, hingga akhir 2018, penjualan Sharp mengalami peningkatan 118%, sedangkan tahun ini Sharp menargetkan pertumbuhan 115%. "Paling tidak target penjualan tahun akan tembus Rp 10 triliun," kata Andry.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)