Marketing Trends zkumparan

3 Strategi Menpar Kembangkan Pariwisata di era industri 4.0

3 Strategi Menpar Kembangkan Pariwisata di era industri 4.0

Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya, fokus menerapkan tiga strategi dalam mengembangkan pariwisata di era industri 4.0.

Menurutnya, tiga strategi tersebut hal yang tidak biasa dan harus dicapai dengan hasil yang tidak biasa. Tiga hal yang dimaksud yakni deregulasi, teknologi, dan pengembangan sumber daya manusia (SDM).

“Karena target kita tidak biasa. Presiden Joko Widodo juga melakukan hal yang sama, deregulasi peraturan dan pengembangan SDM, untuk itu, sentuhlah hal-hal strategis,” kata Menpar Arief.

Sebanyak 2.000 Aparatur Sipil Negara dan unsur pentahelix di lingkungan Kementerian Pariwisata diajak bersama mengikuti Wonderful Indonesia Digital Tourism (WIDI) Champion 4.0 yang merupakan program pembelajaran melalui kompetensi digital.

Menpar Arief mengungkapkan berdasarkan data, wisatawan Indonesia sebagian besar telah berbasis digital untuk memesan segala hal yang dibutuhkan untuk liburan. Untuk itu, Program WIDI ini nantinya terfokus pada tiga hal, smart destinasi, big data, dan media sosial.

“Nantinya saya akan bentuk tim khusus untuk full support di program tersebut. Karena sebanyak 70 persen wisatawan melakukan ‘search and share’ melalui digital. Dan 30 persen masih menggunakan manual dan ini biasanya turis rombongan. Sebanyak 30 persen inilah nantinya yang kita upayakan berhadapan dengan digital,” jelasnya.

Untuk langkah awal akan ada inkubasi bagi para peserta yang mendatangkan pelatih berkompeten di bidangnya termasuk pelatih dari luar negeri dalam _Training on Trainer_ (TOT). Karena saat ini digital adalah sebuah keniscayaan karena semua ekosistem juga telah menggunakan aplikasi digital mulai dari hotel, transportasi, finansial, hingga bandara.

Kemudian, pihaknya juga akan melakukan _readiness mapping_ (Digital Mastery) atau mengukur kemampuan SDM Kemenpar untuk merencanakan pengembangan dan penggunaan teknologi digital di dalam tugasnya sehingga bisa menciptakan kinerja yang jauh lebih baik dalam kapasitas sebagai pembina dan regulator di dunia pariwisata Indonesia.

“Kemenpar perlu mengukur posisi _Digital Mastery_ mereka agar dapat mengetahui posisi mereka di tengah disrupsi yang sedang terjadi dalam pariwisata Indonesia,” tuturnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved