Management Trends zkumparan

4 Strategi Mandiri E-Money Menangkan Persaingan

4 Strategi Mandiri E-Money Menangkan Persaingan

Dalam survei Indonesia Customer Experience 2021 yang digelar SWA, Mandiri e-Money berhasil meraih customer experience di kategori uang elektronik. Lalu bagaimana Mandiri E-Money bisa memenangkan persaingan yang ketat ini?

Liswanto Utomo W, Vice President, Transaction Banking Retail Sales Group PT Bank Mandiri (Persero) Tbk mengungkapkan empat strategi yang dilakukan untuk memberikan pengalaman yang memuaskan bagi penggunanya. Pertama, perusahaan memberikan kemudahan pelanggan mulai dari mendapatkan kartu Mandiri E-Money hingga isi ulang saldo. Sebelumnya perusahaan mengidentifikasi kebutuhan yang paling utama dari konsumen adalah ketersediaan dan kemudahan akses pembelian kartu, acceptance dan transaksi tanpa hambatan, serta kemudahan dalam melakukan isi saldo kartu.

Dari identifikasi kebutuhan tersebut, Bank Mandiri secara agresif berusaha memenuhi apa yang diinginkan customer melalui berbagai inovasi, dimulai dari channel penjualan kartu melalui jaringan merchant retail besar sampai beberapa platform top e-commerce di Indonesia. “Kami Bank pertama yang mempunyai official store di marketplace untuk penjualan kartu e0-Money,” ujarnya.

Kedua, product differentiation, kartu e-money tidak hanya untuk melakukan transaksi namun juga bisa dijadikan koleksi. Kartu tersebut didesain dengan menarik. Tak tanggung-tanggung Bank Mandiri bekerja sama dengan prinsipal baik dari luar maupun dalam negeri. Contohnya dengan mengandeng kreator dalam negeri seperti Bumi Langit untuk mengeluarkan seri superhero ada Gundala, Sri Asih, Aquanus, Godam. Selain itu, menyukseskan pariwisata dengan menampilkan 5 destinasi superprioritas yang dipadupadankan dengan seri superhero misalnya Sri Asih dengan background Borobudur.

Ketiga, Marketing Strategy, pihaknya mengomunikasikan produk dan accessibility kepada masyarakat luas. Caranya dengan memanfaatkan berbagai media seperti website, email, media sosial dan endorsement.

Strategi keempat, melakukan berbagai promo untuk terus bisa mengedukasi konsumen dalam rangka menghidupkan ekosistem cashless di Indonesia.

Dengan melakukan keempat strategi tersebut, per Oktober 2021, kartu Mandiri e-Money berhasil mencatatkan pertumbuhan secara year on year naik 21% di tahun 2021. Adapun frekuensi mencapai 789 juta transaksi dengan nilai transaksi lebih dari Rp 13,4 triliun. Targetnya adalah meningkatkan dominasi market share khususnya di sektor transportasi umum yang saat ini sebesar 70%. Dia berharap, kemudahan dan inovasi yang terus dilakukan oleh Bank Mandiri bisa meningkatkan loyalitas pelanggan dalam menggukan kartu itu.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved