Trends Economic Issues

5 Deklarasi IMA agar Indonesia Keluar dari Pandemi dan Krisis Ekonomi

Asosiasi Pemasaran Indonesia atau yang lebih dikenal sebagai Indonesia Marketing Association (IMA) melahirkan 5 deklarasi dalam upaya Indonesia keluar dari pandemi dan krisis ekonomi yang terjadi sejak akhir Maret lalu. Deklarasi tersebut secara resmi dikeluarkan pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) secara virtual bertema “Pemasaran Untuk Pemulihan Indonesia”, Sabtu (24/10/2020)

Deklarasi ini dinilai sebagai bukti resmi bahwa IMA berusaha berperan dalam pemulihan ekonomi di kondisi pandemi ini. Pembacaan dan Penyerahan Deklarasi IMA untuk Pemulihan Ekonomi Indonesia dilakukan oleh President IMA, Suparno Djasmin; Hermawan Kartajaya, dan President Indonesia Global Compact Network, YW Junardy kepada Menteri Perdagangan Agus Suparmanto.

“Isi deklarasi tersebut merupakan hasil urun rembuk serta sumbangan pemikiran dari Hermawan Kartajaya sebagai Honorary Founding Chairman serta chapter IMA seluruh Indonesia. Sebagai pengurus IMA pusat kami menyimpulkan dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama melakukan 5 Deklarasi ini agar Indonesia benar-benar cepat keluar dari pandemi dan krisis ekonomi,” ujar Suparno.

Lima butir deklarasi tersebut di antaranya, pertama, IMA mengajak para pelaku usaha dan konsumen di Indonesia senantiasa disiplin menerapkan protokol kesehatan dan membantu penerapan dalam kegiatan usaha serta ikut mengkampanyekan sebagai kunci sukses pemulihan ekonomi Indonesia.

Kedua, IMA mengajak pelaku usaha di Indonesia untuk mengkampanyekan berbagai inovasi yang telah berhasil diterapkan di era COVID-19 sebagai insipirasi dan penyemangat para pelaku usaha lainnya agar bisa ikut berinovasi membentuk ekosistem positif untuk pemulihan ekonomi Indonesia.

Ketiga, IMA mengajak pelaku usaha di Indonesia untuk berkolaborasi dengan pemerintah dan stakeholders lainnya mendorong proses inovasi dan transformasi usaha UMKM terkait cara baru berusaha di era COVID-19, sebagai katalisator pemulihan ekonomi.

Keempat, IMA mengajak pelaku usaha dan pemerintah di Indonesia melakukan perluasan dan penguatan digitalisasi layanan publik. Kelima, IMA mengajak semua kalangan membangun sinergi untuk mempercepat pemulihan ekonomi.

“Pendapat ini benar-benar kami terima dari semua chapter yang berisi para anggota dan akhirnya bisa kami kristalisasi menjadi lima butir yang kami bacakan tadi,” lanjut Suparno.

Pada rakernas ini, pengurus IMA pusat juga memberikan penghargaan melalui verifikasi 114 kegiatan yang dilakukan IMA Chapter di seluruh Indonesia. Ada enam kategori kegiatan IMA Chapter yang telah diidentifikasi, yaitu Webinar Education, Webinar Business, seminar offline, CSR Covid-19, CSR umum, dan kegiatan lain termasuk rapat kerja.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved