Technology Trends

5 Perusahaan Ini Berkomitmen Beli Teknologi Penghapus Karbon Senilai US$925 Juta

5 Perusahaan Ini Berkomitmen Beli Teknologi Penghapus Karbon Senilai US$925 Juta

Stripe, Alphabet, Shopify, Meta, dan McKinsey Sustainability memperkenalkan Frontier, komitmen pasar maju (advance market commitment atau AMC) untuk mengakselerasi pengembangan teknologi penghapus karbon secara permanen. Kelima perusahaan merencanakan komitmen senilai US$925 juta (lebih dari Rp13,28 triliun) dalam 9 tahun ke depan untuk membeli teknologi penghapus karbon secara permanen dari para penyedia solusi baru yang menjanjikan.

Frontier bertujuan menunjukkan kepada para periset, wirausahawan, dan investor akan adanya potensi pasar untuk teknologi penghapus karbon. Satu dekade lalu, model AMC berhasil mengakselerasi pengembangan vaksin pneumokokus untuk negara-negara berpendapatan rendah dan menyelamatkan sekitar 700.000 jiwa. Ini adalah kali pertama model ini diterapkan pada penghapusan karbon berskala besar.

Penurunan emisi secara radikal sangat penting untuk menghindari dampak terburuk perubahan iklim. Namun, menurut laporan terkini dari Intergovernmental Panel on Climate Change, belum ada cara untuk menjaga kenaikan suhu global di bawah 1,5 derajat Celcius per tahun tanpa menghapus CO2 bervolume gigaton yang ada di atmosfer dan laut secara permanen.

Teknologi penghapus karbon telah mengalami kemajuan yang signifikan, namun masih belum cukup untuk mencapai skala yang dibutuhkan. Hingga 2021, kurang dari 10.000 ton karbon dioksida telah dihapus secara permanen dari atmosfer menggunakan teknologi sejenis. Model IPCC membutuhkan sekitar 6 miliar ton penghapus CO2 setiap tahun hingga 2050 untuk dapat mencapai target 1,5 derajat Celcius. Frontier AMC didesain untuk mendukung dan mendorong industri melakukan pengembangan teknologi ini sesegera dan secepat mungkin.

Frontier menjalankan uji kepatutan dan memfasilitasi pembelian penghapus karbon atas nama pembeli, dalam dua jenis. Pertama, untuk penyedia penghapus karbon tahap awal yang menguji coba teknologi baru, pembeli akan menandatangani perjanjian pra-pembelian volume rendah. Kedua, untuk penyedia penghapus karbon yang berada dalam tahap pertumbuhan dan yang sedang meningkatkan skala teknologi mereka, Frontier akan memfasilitasi perjanjian offtake antara pembeli dan penyedia individu.

Perjanjian ini menjanjikan pembelian berton-ton penghapus karbon di masa depan saat mereka siap dikirimkan, memungkinkan penyedia untuk memperoleh pembiayaan guna meningkatkan skala penyebaran. Ketika berton-ton CO2 dihapus, perusahaan penghapus karbon menerima pembayaran, dan berton-ton penghapus karbon diberikan kembali kepada pembeli.

Frontier akan mengidentifikasi teknologi dengan potensi jangka panjang terbesar dan akan membantu mereka memperhitungkan skala melalui pembelian, serta saran dan dukungan berkelanjutan. Dalam praktiknya, ini dapat berarti membayar harga awal yang lebih tinggi per ton untuk mempercepat teknologi yang memenuhi kriteria tertentu, termasuk: permanen untuk menyimpan karbon secara permanen (>1000 tahun). Lalu, jejak fisik karbon: memanfaatkan penyerap karbon yang tidak terlalu dibatasi oleh lahan subur.Selanjutnya, biaya: memiliki jalan menuju skala yang terjangkau (0,5gt/tahun). Untuk keadilan lingkungan, dengan memastikan keadilan lingkungan yang bermakna, hasil pemerataan lingkungan yang sehat dan bersih, melalui proses yang kuat yang berfokus pada keterlibatan masyarakat lokal

Sebagai anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki Stripe, Frontier juga akan didanai oleh puluhan ribu bisnis yang membeli teknologi penghapus karbon melalui Stripe Climate. Ini akan menjadikan Frontier sebagai koalisi pembeli penghapus karbon terbesar di dunia berdasarkan pendanaan dan keanggotaan.

Nan Ransohoff, Head of Climate Stripe: berujar,”Dengan Frontier, kami ingin menyampaikan pesan yang kuat kepada pengusaha, peneliti, dan investor bahwa pasar untuk penghapusan karbon secara permanen tersedia, silakan bangun dan kami akan membelinya.”

Kate Brandt, Chief Sustainability Officer Google mengungkapkan, pengalaman panjang dalam mendorong solusi iklim telah membantu di Alphabet untuk mengetahui secara langsung bahwa memberikan informasi adanya pasar untuk teknologi penghapusan karbon dapat memacu inovasi sehingga menghasilkan produk yang terjangkau bagi semua orang. “Itulah sebabnya kami bergabung dalam koalisi pemimpin iklim ini dan bersama-sama melihat potensi teknologi baru penghapus karbon dan mengirim sinyal adanya permintaan yang jelas ke pasar,’ ujar Brandt.

Stacy Kauk, Head of Sustainability, Shopify mengatakan, komitmennya jelas sejak meluncurkan Sustainability Fund di 2019. “ Bergabunglah bersama kami. Perubahan iklim hanya dapat diselesaikan jika kita bersatu, dan itulah yang kami lakukan melalui komitmen pasar yang maju ini. Pesan yang kami sampaikan melalui Frontier sesuai dengan apa langkah selanjutnya yang perlu diambil oleh pasar penghapusan karbon,” tuturnya.

Peter Freed, Head of Energy Strategy Meta menambhakan, pihaknya berkomitmen untuk mencapai nol-bersih emisi (net zero emissions) di seluruh rantai nilai kami pada 2030 melalui kemitraan baru dan solusi inovatif dalam pengurangan emisi dan penghapusan karbon. Frontier merupakan langkah penting untuk membantu mempercepat pengembangan dan adopsi teknologi penghapusan karbon untuk dunia yang lebih berkelanjutan.

Sementara Dickon Pinner, Senior Partner and Co-leader of McKinsey Sustainability mengungkapkan, mencapai nol-bersih emisi adalah kunci untuk membangun ketahanan lingkungan dan mewujudkan masa depan yang menghasilkan pertumbuhan yang berkelanjutan dan inklusif. tinggi.

Peter Reinhardt, CEO dan Co-Founder Charm Industrial mengatakan, pelanggan sangat penting untuk meningkatkan skala bisnis apapun. Hingga saat ini hanya ada sedikit yang memperhatikan penghapusan karbon. Komitmen ini merupakan sinyal kuat bahwa akan ada pasar untuk apa yang kami bangun di Charm. Itu akan membuat lebih mudah untuk mengukur pertumbuhan bisnis, mengumpulkan dana, dan yang terpenting, menurunkan biaya lebih cepat.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved