Business Research Trends

72 Perusahaan Diganjar Financial Award 2019

Populasi Indonesia didominasi oleh kelompok usia milenial (Generasi Y) pada saat ini. Penduduk tersebut akan menjadi kelompok usia produktif pada tahun 2020 dengan rentang usia 20 tahun hingga 40 tahun.

Menurut data BPS (2017), jumlah populasi milenial mencapai 88 juta jiwa atau 33,75% dari total populasi Indonesia. Generasi milenial menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia saat ini dan beberapa tahun ke depan mengingat jumlahnya yang besar dan kelompok usia produktif.

Iconomics Research bekerja sama dengan RRI melakukan survei persepsi milenial Indonesia terhadap industri jasa keuangan Indonesia yaitu perbankan, perusahaan asuransi, perusahaan pembiayaan (multifinance), perusahaan sekuritas, dan fintech. Riset ini melibatkan 10 ribu responden di 10 kota besar di Indonesia pada Oktober 2019.

Survei ini merupakan riset brand equity dengan menggunakan lima atribut dasar: pertama, brand usage. Banyaknya milenial yang menggunakan produk dan jasa sebuah perusahaan. Kedua, brand awareness, tingkat pengetahuan milenial atas nama brand perusahaan. Ketiga, brand image adalah apresiasi milenial terhadap citra perusahaan. Keempat, customer service quality. Persepsi milenial terhadap kualitas customer service seperti call center, digital, maupun layanan tatap muka. Kelima, social economy contribution. Aribut ini adalah persepsi seberapa jauh milenial menilai bahwa perusahaan memiliki kontribusi sosial ekonomi yang tinggi.

Ada beberapa temuan menarik dari riset ini, di antaranya penetrasi jasa keuangan (yang dilihat dari brand usage perusahaan jasa keuangan di kalangan milenial Indonesia) masih relatif kecil yaitu 13,04%. Hal ini tentu menjadi pekerjaan rumah bagi para pelaku industri jasa keuangan di Indonesia untuk terus meningkatkan penetrasinya di kalangan milenial. Apalagi mengingat mereka adalah kelompok usia produktif dan berjumlah lebih dari sepertiga populasi Indonesia.

Meski penetrasi masih relatif rendah, tetapi pengetahuan kelompok milenial (yang dilihat dari Brand Awareness) atas perusahaan jasa keuangan relatif tinggi yaitu rata-rata 41,32%. Generasi milenial juga cenderung memberikan penilaian yang relatif baik terhadap brand-brand perusahaan jasa keuangan di Indonesia yang terlihat dari persentase Brand Image, persepsi terhadap Customer Service Quality dan Social Economy Contribution.

“Brand awareness yang relatif tinggi dan penilaian yang relatif baik terhadap brand-brand jasa keuangan, merupakan modal yang baik untuk memudahkan perusahaan-perusahaan jasa keuangan meningkatkan penetrasi. Artinya, sebenarnya generasi milenial Indonesia sudah memiliki kesadaraan yang tinggi dan penilaian yang baik terhadap perusahaan jasa keuangan. Tinggal langkah selanjutnya adalah action untuk menggunakan produk-produk jasa keuangan tersebu,” jelas Alexander Mulya, Direktur Riset Iconomics Research.

Untuk itu, Iconomics Research dan RRI memberikan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan jasa keuangan yang memiliki tingkat Brand Usage yang tinggi dan persepsi Brand Awarenss, Brand Image, Customer Service Quality dan Social Economy Contribution yang baik di atas rata-rata keseluruhan kepada 72 perusahaan jasa keuangan. Puluhan perusahaan itu meliputi 13 bank, 13 perusahaan asuransi jiwa, 10 perusahaan asuransi umum, 12 perusahaan pembiayaan, 4 perusahaan asuransi sosial dan wajib, 8 perusahaan sekuritas dan 12 perusahaan teknologi finansial. Selain. Itu, memberikan apresiasi kepada 10 CEO yang dinilai telah sukses membuat perusahaan yang mereka pimpin lebih dikenal di kalangan milenial.

Salah satu apreasisina untuk kategori Bank BUKU IV, yakni PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dengan title “Millennial’s Best Brand in Social Economy Contribution”. Kedua, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dengan title “Millennial’s Best Brand in Brand Usage”. Ketiga, PT Bank Central Asia Tbk dengan title “Millennial’s Best Brand in Brand Awareness, Brand Image, Customer Service Quality”. Keempat, PT Bank Danamon Indonesia Tbk dengan title “Millennial’s Best Brand in Brand Awareness, Brand Image”.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved