88Spares Serius Bidik Industri Tekstil dan Produsen Suku Cadang

Industri tekstil setidaknya menghasilkan US$ 11,87 miliar cadangan devisa bagi negara, serta menyerap 17,03% tenaga kerja di industri manufaktur Indonesia. Peluang besar ini tidak disia-siakan 88Spares, sebuah marketplace khusus industri tekstil dan produsen suku cadang. Dengan platform ini, industri tekstil dan produsen suku cadang bisa membangun jaringan dan berbisnis satu sama lain.

Setelah setahun beroperasi,  88Spares terus meningkatkan awareness pelaku industri tekstil dan produsen suku cadang mesin tekstil. Pertama kali diperkenalkan ke publik pada Indo Intertex 2017  lalu, 88Spares telah berkembang pesat dan mengakomodasi sedikitnya 100 vendor dan memuat beberapa ribu varian produk suku cadang mesin tekstil.

Tahun ini 88Spares kembali mengikuti ajang yang sama, Indo Intertex 2018 untuk meningkatkan awareness marketplace ini. Kali ini 88Spares akan meluncurkan fitur komersilnya dalam ajang industri terbesar di Asia Tenggara itu pada 4-7 April 2018. “Kami mengambil posisi sebagai platform online yang membawa revolusi pada operasional industri tekstil,” ujar Rosari Soendjoto, Chief Marketing Officer & Co-Founder 88Spares seperti disampaikan  melalui siaran pers yang diterima SWA Online (01/04/2018).

Perusahaan ini  melayani pelaku bisnis tekstil dan suku cadang mesin dengan menyediakan platform modern dan transparan agar mereka dapat melakukan transaksi bisnis secara langsung, tanpa perantara. Para pelaku bisnis juga dapat dengan mudah melakukan penjualan dan pengadaan inventaris dengan konsep factory-to-factory. Tujuannya satu, yaitu menyederhanakan rantai pasokan industri dengan memotong peran perantara yang biasanya menuntut margin laba tinggi dan menaikkan harga untuk end-buyer. Dengan mengurangi peran perantara, 88Spares menciptakan rantai pasokan kerja yang memungkinkan penjual dan pembeli untuk menjual lebih banyak dan membeli dengan harga lebih hemat.

“Kami telah merangkul hampir 100 vendor dari seluruh dunia yang bergerak di bidang suku cadang industri tenun -- serta menampilkan ribuan produk suku cadang permesinan tekstil dan garment dalam inventarisnya,” terangnya. Ia menargetkan platfrom 88Spares akan segera mencakup wilayah Asia Tenggara, sembari mempersiapkan diri untuk meraih pasar internasional. “Pada akhirnya, kami tentu akan meluncurkan bisnis global. Namun di tahun ini, kami ingin fokus terlebih dahulu pada Indonesia,” imbuhnya.

Pada ajang Indo Intertex tahun lalu, fitur baru yang diperkenalkan adalah pengguna 88Spares dapat menikmati transaksi jual-beli yang lebih mudah, lancar, dan tanpa hambatan.  Walau baru, fitur ini telah menuai sukses dari transaksi beberapa pabrik tenun tekstil di Solo dan Bandung, di mana mereka memiliki ratusan mesin tenun dan berpartisipasi menjadi pengguna awal pada uji coba fitur komersil 88Spares.

“Pabrik tekstil dan garmen di Indonesia kini dapat memotong biaya operasional dan pengadaan suku cadang mereka, karena mereka mendatangkannya langsung lewat 88Spares. Tujuan utama kami adalah untuk berkontribusi nyata dalam pengembangan industri tekstil dan garmen di Indonesia, dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Para pelaku industri bisa dengan mudah menemukan suku cadang mesin yang sesuai dengan kebutuhan mereka, membandingkan kualitas dan harga terbaik, serta membuat proses ini lebih sederhana,” jelas Hartmut Molzahn, CEO & Co-founder 88Spares.

Era Industri 4.0 di mana pelaku usaha menggunakan proses otomatisasi dan digitalisasi dalam rantai pasok semua bidang kini sudah masuk di Indonesia. Tentu saja ia meyakini akan meningkatkan 88Spares, terlebih pendekatannya yang modern dan inovatif. 88Spares hendak mengubah lanskap industri tekstil dari nol, dengan menyediakan layanan yang membantu para vendor mengubah katalog mesin mereka menjadi bentuk digital. Hal ini merupakan sebuah keunggulan yang sangat spesifik, dan potensi pertumbuhannya masih sangat tinggi.

“Kami akan ada di garda terdepan untuk merevolusi praktik usaha tekstil dan garmen di era industri 4.0,  dengan membawanya ke era digital,” kata Hartmut. Seperti pernah disampaikan pada acara tahunan konferensi tahunan International Textile Manufacturing Federations (ITMF) dimana dia sebagai pembicara, transisi ke Industri 4.0 dan bagaimana 88Spares siap membantu perusahaan mewujudkan hal tersebut. Hal yang sama juga pernah disampaikan pada ajang ShanghaiTex 2017. Perusahaan ini akan berpartisipasi dalam ajang SaigonTex 2018 yang diadakan di Vietnam, acara ITM (Int'l Textile Machinery Exhibition) di Turki, dan acara industri di Zurich.

 

Editor: Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!