Technology Trends

Agar Mitra Akomodasi Bisa Berbagi Informasi kepada Wisatawan

(IST).

Saat pandemi, kesehatan dan keselamatan adalah aspek informasi terpenting yang ingin diketahui oleh konsumen untuk membuat keputusan perjalanan dan khususnya akomodasi. Untuk memenuhi kebutuhan ini, Booking.com menghadirkan fitur baru yang memungkinkan mitra akomodasi untuk berbagi informasi kepada wisatawan mengenai inisiatif mereka mengenai hal-hal tersebut.

Mitra akomodasi dapat memilih berbagai langkah kesehatan dan keselamatan sesuai kebutuhan terkait kebersihan, sanitasi, jarak sosial dan keamanan makanan. Pilihan mereka akan ditampilkan di situs Booking.com di halaman properti mereka di bagian ‘kesehatan dan keselamatan’ yang dirancang khusus untuk melengkapi para wisatawan dengan transparansi selagi membuat keputusan perjalanan.

“Mitra akomodasi dapat memberikan jaminan dan transparansi lebih kepada konsumen, membangun keyakinan untuk melakukan pesanan serta mengatur harapan yang tepat ketika mereka tiba,” ujar Vikas Bhola, Direktur Regional Asia Selatan Booking.com.

Menurutnya, fitur ini akan memberikan banyak manfaat bagi wisatawan, mitra akomodasi, dan komunitas perjalanan. Wisatawan dapat membuat keputusan berdasarkan informasi tepat dengan membaca semua langkah-langkah kesehatan dan keselamatan yang diambil properti dan memiliki pemahaman soal sampai sejauh mana mereka akan dilindungi selama mereka menginap.

Untuk mitra akomodasi, ini akan membantu menunjukkan langkah-langkah yang mereka ambil dan memberikan kepercayaan yang sangat dibutuhkan bagi calon wisatawan saat mereka membuat keputusan pemesanan, ketika sudah saatnya aman melakukan perjalanan.

“Di Booking.com, perhatian utama kami adalah keselamatan dan keamanan pelanggan, mitra, dan kolega. Seiring perkembangan situasi, kami terus memperbarui dukungan yang diberikan, termasuk peningkatan transparansi kepada konsumen seputar informasi kesehatan dan keselamatan ketika melakukan pemesanan pada platform kami,” katanya.

Dengan memperkenalkan langkah-langkah keamanan ini, kata dia, pihaknya akan membantu menetapkan ekspektasi yang akurat dan memberikan ketenangan bagi para wisatawan ketika waktunya tepat bagi mereka untuk kembali menjelajahi dunia.

Adapun beberapa tindakan kesehatan dan keselamatan yang dapat dipilih para mitra akomodasi, pertama tindakan keamanan seperti staf mengikuti semua protokol keamanan sebagaimana diarahkan oleh otoritas setempat, perangkat alat tulis kantor yang digunakan bersama seperti daftar menu yang dicetak, majalah, pena, dan kertas akan ditiadakan. Antiseptik pembersih tangan juga akan tersedia di kamar dan area publik, pemeriksaan kesehatan tamu langsung di tempat, dan Kotak P3K selalu tersedia.

Kedua, tindakan kesehatan dan kebersihan seperti kamar akan dibersihkan dengan desinfektan setiap hari, penggunaan pembersih berbahan kimia yang efektif terhadap virus Corona, seprei, handuk, dan binatu dicuci sesuai dengan pedoman WHO, kamar ditutup untuk para tamu setelah dibersihkan.

Ketiga, tindakan jaga jarak seperti check-in/check out tanpa kontak, tersedia pembayaran tanpa uang tunai, aturan jaga jarak sosial, aplikasi seluler untuk layanan kamar, serta layar atau pembatas fisik diletakkan di antara staf dan tamu di area-area yang telah ditentukan. Keempat tindakan keamanan makanan seperti jaga jarak sosial di ruang makan dan nakanan dapat dikirim ke kamar tamu.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved