AIA Championship for Women Jaring 16 Pesepak Bola Indonesia

Melanjutkan program AIA Sepak Bola Untuk Negeri yang kampanyenya telah digelar bersamaan kedatangan pesepak bola dunia David Beckham ke Indonesia pada bulan Maret 2018,  PT AIA Finansial memberikan perhatian pada pengembangan sepak bola wanita di Indonesia, yaitu AIA Championship for Women.

Gelaran ini makin mempertegas komitmen AIA terhadap persepakbolaan di Indonesia dengan memperluas partisipasi perempuan untuk menunjukkan bakat mereka dalam sepak bola. Pagelaran Asian Games 2018 menjadi sebuah momentum besar bagi sepak bola wanita Indonesia. Tim nasional sepak bola putri Indonesia mampu menduduki peringkat 77 dalam FIFA World Ranking yang dirilis Juni 2018, sementara tim nasional sepak bola pria berada di posisi 164 dunia.

“Asian Games 2018 memang jadi momentum kami dari sama sekali tidak masuk ranking dunia, kini menyodok di 77 dalam FIFA World Ranking,” ucap Zahra Muzdalifah, salah satu pemain yang memperkuat tim sepak bola putri Indonesia yang juga memperkuat di Asian Games yang hadir dalam peluncuran AIA Championship for Women di Elite Club Jakarta (02/10/2018).

Ia mengungkapkan, pertama kali mengenal sepak bola kala berusia 7 tahun karena ikut ayahnya berlatih sepak bola. Dari sekadar main-main, menjadi sebuah olah raga yang dia sukai. “Sayangnya, masih kurang klub bola khusus perempuan di Indonesia. Saya harus masuk sekolah bola yang campur dengan anak-anak laki-laki kala itu. Tapi setelah berusia 17 tahun ke atas, tentu tidak bisa,” katanya.

Maka itu, ia menyambut dengan gembira gelaran AIA ini, dengan harapan agar sepak bola perempuan di Indonesia bisa berkembang lebih pesat setelahnya. Hal ini diakui Kathryn Monika Parapak, Head of Brand and Communication, PT AIA Finansial bahwa AIA Championship For Women diluncurkan untuk mengakomodasi minat para wanita terhadap sepak bola dan membantu mengembangkan potensi mereka. Ia menjelaskan, acara ini menunjukkan bahwa asuransi bukan sekadar klaim dan polis, tapi bagian dari kehidupan masyarakat sehari-hari. “Maka itu kami juga hadir dalam mendukung masyarakat hidup lebih sehat dan AIA fokus memilih sepak bola untuk mendorong hal tersebut,” katanya.

Pada kampanye sebelumnya bersama David Beckham, AIA Sepak Bola Untuk Negeri, lanjutnya, AIA Finansial menyerahkan 10 ribu bola pada anak-anak akademi sepak bola di seluruh Indonesia. Dan sekarang perhatian ditujukan pada pengembangan sepak bola wanita. Gelaran ini juga diikuti oleh negara-negara di mana AIA beroperasi.

Sepak bola wanita mengalami perkembangan yang cukup baik di dunia dalam beberapa tahun terakhir. Berbagai kompetisi sepak bola wanita juga diselenggarakan dan berhasil menarik antusiasme penggemar sepak bola. Klub – klub besar Eropa saat ini memiliki tim sepak bola wanita dan secara rutin mengikuti liga sepak bola wanita. Asia juga memiliki potensi sepak bola wanita yang besar. Dalam Women’s Football Survey yang dilakukan FIFA pada 2014, AFC mencatat total pemain wanita 6.327.700, namun hanya 300.122 pemain wanita yang terdaftar resmi di AFC.

Anton Blackwood, pelatih Tottenham Hotspur, klub bola profesional Inggris yang disponsori AIA Finansial mengapresiasi upaya AIA dalam mendukung dan memajukan persepakbolaan wanita di Asia melalui AIA Championship for Women.  “Selama dua tahun bekerja sama dengan AIA di Asia, saya telah melihat banyak bakat hebat dalam sepak bola junior. Sungguh kesempatan yang luar biasa bagi saya untuk juga dapat membantu pengembangan kemampuan pesepak bola usia dewasa. Pesepak bola wanita memiliki antusiasme dan minat yang sama besarnya dengan pesepak bola pria, bahkan tim sepak bola wanita bermain lebih taktis dan memiliki kerjasama tim yang lebih solid. Saya sangat menantikan untuk dapat bersama dengan AIA mengembangkan kemampuan bakat-bakat muda wanita Indonesia dalam sepak bola, agar dapat meraih potensi dan impian mereka,” ujarnya.

AIA Championship for Women akan dilaksanakan pada 1 Desember 2018. Kompetisi ini mempertandingkan 16 tim untuk meraih gelar juara nasional. Dari turnamen ini, akan dipilih 16 orang pemain terbaik yang akan dibentuk menjadi 2 tim untuk bertanding di tingkat regional di Bangkok, Thailand. Jika sukses menjadi finalis di kompetisi di Bangkok, tim Indonesia akan bertanding dalam babak final yang akan diselenggarakan di markas Tottenham Hotspur di London.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)