Technology Trends

Alibaba Tantang Pengusaha Muda Bangun Brand Konsumen di Global Challenge 2021

Alibaba Tantang Pengusaha Muda Bangun Brand Konsumen di Global Challenge 2021

Dalam beberapa tahun belakangan, minat anak muda Indonesia untuk menjadi pengusaha semakin tinggi, bahkan yang tertinggi di Asia Tenggara. Survei dari World Economic Forum 2019 pada pemuda usia 15-35 tahun menemukan, bahwa 35,5% dari mereka bercita-cita menjadi pengusaha di masa depan. Dan kini, Alibaba Group menyediakan peluang bagi para calon wirausahawan muda ini untuk mewujudkan konsep bisnis inovatif mereka menjadi kenyataan.

Divisi Global Digital Talent (GDT) Alibaba Group mengumumkan peluncuran kompetisi Alibaba GDT Global Challenge 2021. Acara ini merupakan perlombaan bagi para pengusaha muda di seluruh dunia untuk mengembangkan solusi digital yang sesuai dengan kebutuhan pasar yang terus berevolusi.

“Masa depan kita akan dipimpin oleh generasi muda di masa kini. Kita telah menyaksikan banyak terobosan baru yang dicetuskan oleh para anak muda melalui kompetisi di tahun-tahun sebelumnya. Kami sangat antusias menyambut lebih banyak lagi inovasi dan kreasi pada kompetisi GDT tahun ini, tentunya dengan bantuan para produsen terdepan,” ujar James Song, Secretary General Alibaba’s Globalization Office.

Dengan menggabungkan kemahiran digital dari kaum muda dan pengalaman serta rekam jejak para produsen manufaktur Alibaba, James berharap akan banyak produk baru yang muncul sebagai solusi bagi kebutuhan dan preferensi konsumen saat ini, yang semakin berorientasi pada lanskap digital.

Adapun tema kompetisi tahun ini akan berfokus pada potensi brand direct-to-consumer (brand yang dipasarkan langsung untuk konsumen). Tema ini dinilai relevan dengan keadaan pandemi Covid-19 yang mendorong konsumen untuk bergeser ke gaya hidup belanja online, dan menekankan pentingnya pelaku bisnis untuk menerapkan strategi digital dalam penjualan dan pemasaran produk.

“Untuk pertama kalinya, para peserta juga berkesempatan untuk bermitra dengan produsen terpercaya yang direkomendasikan oleh GDT Alibaba untuk bisa bersama-sama menciptakan solusi bisnis menjadi nyata,” lanjut James.

Para peserta terbaik dari tiap negara, yang akan diumumkan pada November, akan bersaing di babak lanjutan dengan peserta lain dari 12 negara, termasuk Tiongkok, Kolombia, Perancis, Indonesia, Kazakhstan, Malaysia, Mongolia, Filipina, Korea Selatan, Thailand, Inggris, dan Amerika Serikat. Tahap Final Global ini akan jatuh pada Desember.

Tahun lalu, HiPajak, tim yang terdiri dari anak muda dan dipimpin oleh Tracy P. Tardia, meraih gelar Grand Winner di babak final global, setelah mengalahkan 2.000 tim dari 15 negara. Tim ini menawarkan aplikasi penyedia solusi perpajakan untuk mempermudah masyarakat Indonesia dalam menyelesaikan urusan perpajakan. Sejak menang, HiPajak telah bermitra dengan beberapa lembaga pemerintah dan kini membuka putaran pendanaan awal untuk angel investment round.

James mengungkapkan, tahun ini, para peserta kompetisi akan mendapatkan berbagai tambahan keuntungan, termasuk akses eksklusif sesi pelatihan dari para pelatih Alibaba GDT Program yang tersertifikasi, tentang ara membangun strategi brand DTC. Pelatihan ini juga meliputi wawasan mengenai brand positioning, customer engagement, riset pasar, dan strategi pemasaran digital.

Para peserta akan dinilai berdasarkan kedalaman proposal mereka dari segi wawasan terhadap konsumen, inovasi, dampak sosial, serta eksekusi keseluruhan dan kemampuan presentasi. Para finalis global yang berkesempatan untuk berkerja sama dengan produsen yang direkomendasikan juga akan menerima dana pemasaran dari mitra tersebut. Juara I, juara II, dan juara III masing-masing akan mendapatkan hadiah tunai senilai US$20.000, US$10.000, dan US$5.000.

Program GDT Alibaba (sebelumnya disebut dengan Alibaba GET Program) diluncurkan pertama kali pada tahun 2016 dengan tujuan untuk mempromosikan transformasi digital dan pembangunan inklusif melalui inkubasi talenta digital. Melalui jaringan pelatihan globalnya, program ini telah membantu 80 mitra edukasi dan melatih 1.000 pelatih dan 20 ribu mahasiswa, serta peserta lainnya dari Kolombia, Meksiko, Mongolia, Malaysia, Thailand, Indonesia, Filipina, Rwanda, Singapura, dan Tiongkok.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved