Marketing Trends

Alternatif Finansial Cerdas dari Ruang Kantor Konservatif

Di era industri 4.0 tenaga kerja yang didominasi oleh generasi milenial berupaya mentransformasi budaya kerja. Seperti yang diamati oleh seorang penulis Forbes, Simon Rothman, generasi tenaga kerja “tak berkerah” ini lebih memilih fleksibilitas ketimbang keamanan kerja di coworking space.

Secara global, perusahaan adidaya seperti Microsoft dan Bank of America kini mulai memindahkan tim-tim mereka ke coworking space, yang memiliki banyak ruang terbuka yang dinamis untuk mendorong gerakan pendekatan yang lebih berpusat pada kualitas hidup para pekerja terhadap ruang kerja. Sebuah studi JLL menemukan bahwa pada tahun 2030, 30 persen denah ruang perusahaan akan mulai mengadopsi struktur dan susunan coworking.

Sejalan dengan pertumbuhan industri coworking global, industri coworking space di Indonesia saat ini juga tengah mencetak pertumbuhan tinggi. Seiring dengan tumbuhnya jiwa kewirausahaan serta pengelompokan pemain-pemain di berbagai industri, jumlah penyedia coworking di Indonesia pun akan terus bertumbuh. Di antara beberapa pemain di industri ini, sejumlah operator coworking space lokal terbesar seperti GoWork dan CoHive akan bertanding dengan raksasa coworking global seperti WeWork – terutama di Jakarta, rumah bagi ratusan perusahaan dengan jumlah yang kian bertumbuh. Kini, ada lebih dari 100 pemain coworking menengah di penjuru negeri.

GoWork, sebagai salah satu operator coworking adidaya di Indonesia, telah memberikan kontribusi signifikan terhadap pergerakan progresif industri 4.0 di Indonesia. Beberapa contoh perusahaan besar yang menyewa ruang kerja di GoWork adalah: PT Pegadaian yang menyewa lebih dari 300 meja, Lamudi, CekAja, Fore Coffee, dan Gojek. Perusahaan-perusahaan tersebut telah meletakkan kepercayaan pada GoWork untuk menyediakan ruang kerja untuk seluruh tim operasional mereka.

GoWork menyuarakan gerakan ekonomi-berbagi (sharing economy) dengan mendedikasikan lebih dari 25% dari 65.000 meter persegi total ruang kerja mereka (per kuartal 2 tahun 2020) sebagai fasilitas komunal lokasinya, seperti area lounge, area coworking, ruang rapat dan ruang acara yang dapat dipesan oleh lebih dari 15.000 anggota dan 500 perusahaan anggotanya. GoWork kini sedang melaju pesat seiring dengan pertumbuhan industri coworking. Melalui kemitraan dengan mall dan gedung perkantoran grade-A yang berlokasi di pusat-pusat bisnis ekonomi, hiburan, dan gaya hidup di 4 kota besar di Indonesia, GoWork akan memiliki 490 kali lipat total area awalnya di 2020.

Pada dasarnya, jasa yang ditawarkan oleh GoWork membantu pelaku usaha dari berbagai ukuran untuk dapat mengalihkan daya operasional kantor untuk menjaga kesejahteraan karyawan. Melalui lebih dari 30 lokasi (per Kuartal II/2020), yang dapat ditemukan di mall dan gedung perkantoran kelas A di Jakarta, Bali, Surabaya, dan Medan, GoWork menghadirkan manfaat bagi anggota untuk dapat membawa pekerjaan mereka ke mana saja.

Dengan solusi pengelolaan kantor end-to-end di berbagai lokasi pilihan, pelaku usaha dapat berhemat dari segi permodalan usaha, serta mengurangi gangguan dalam mengelola tim mereka, menciptakan suasana kerja yang efektif, efisien, dan bermutu. Perusahaan yang memiliki kantor GoWork dapat setidaknya menghemat antara 30 – 40 persen dari total biaya.

Aplikasi GoWork dikembangkan dengan mementingkan kenyamanan nirkabel. Aplikasi ini memantapkan peran GoWork untuk menjadi platform satu atap untuk para anggota serta jaringan kemitraan untuk memanfaatkan berbagai produk GoWork secara maksimal. Seluruh anggota dapat memanfaatkan berbagai fitur di Aplikasi GoWork, mulai dari pemesanan ruang kerja dan ruang pertemuan, menghadiri berbagai acara, melakukan pembayaran, berinteraksi dengan sesama anggota, serta memperkenalkan produk dan jasa penawaran mereka.

“Meski banyak operator coworking di Indonesia, posisi GoWork sebagai penyedia ruang kerja fleksibel kelas dunia yang terjangkau dan pembangun komunitas profesionaltetap kuat,” jelas Vanessa Hendriadi, CEO & Co-founder, GoWork. Vanessa optimistis dengan peluang pasar, kemampuan tim, dan dukungan berkelanjutan dari para pemangku kepentingan untuk terus mengembangkan area GoWork dalam beberapa tahun ke depan. Inovasi dalam desain, produk mutakhir berbasis teknologi, dan jaringan yang kuat mendorongnya ke jumlah penyewaan tiap lokasinya yang stabil di atas 90% dan angka retensi di atas 80% sejak mulai beroperasi.

Sebagai alternatif dari kantor tradisional, GoWork bukanlah pesaing gedung perkantoran, tetapi mitra para manajemen properti. Konsep yang dikelola GoWork akan merevitalisasi pasar properti, khususnya gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, dan properti mandiri. Saat ini, GoWork berekspansi ke model solusi perkantoran untuk perusahaan besar – menyediakan ruang kerja siap pakai untuk tim berukuran besar.

Upaya ini sejalan dengan pergeseran tren di perusahaanpembangun dan pengembang, serta manajemen properti. Kini, semakin banyak yang menggunakan model kantor coworking dan serviced office sebagai langkah untuk menghasilkan pemasukan dari portofolio aset mereka. Perencanaan proyek baru perlu mempertimbangkan aspek coworking sebagai bagian dari fasilitas yang disediakan secara keseluruhan. Misalnya, Market Tech di Inggris telah mengembangkan 8.890 meter persegi properti coworking di 3 lokasi regenerasi pasar Camden di London guna menarik pelanggan baru dan mendorong lebih banyak kunjungan ke lokasi tersebut.

Vanessa menambahkan, model coworking akan terus berkembang. Sebagai tempat kerja, coworking melibatkan ruang kerja dengan kegiatan produktif lain guna saling melengkapi, sehingga para member dapat mencapai kehidupan yang lebih seimbang. Ruang coworking lebih dari sekadar tempat untuk berbisnis, tetapi juga untuk memperluas koneksi kenalan dan pertumbuhan para member secara profesional. GoWork memiliki tujuan untuk menghapus garis antara work and play, menyatukan aspek mutu hidup ke aspek pekerjaan. Ini adalah masa depan tenaga kerja dan kita tengah berada di dalam masa transisi tersebut.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved