Business Research Trends

Amar Bank Terima Penghargaan Top Finance 2019 untuk Tiga Kategori

Amar Bank Terima Penghargaan Top Finance 2019 untuk Tiga Kategori
Direktur Utama Amar Bank, Vishal Tulsian

Amar Bank sebagai pionir financial technology Tunaiku, menerima penghargaan Top Finance 2019 Award Top Bank, Top Insurance, dan Top Multifinance. Dalam acara penghargaan bertema ‘Percepatan Pertumbuhan Ekonomi & Sektor Keuangan Pasca Pilpres’, perseroan meraih tiga penghargaan sekaligus untuk kategori Top Bank 2019, Top Deposito 2019, dan Top CEO Bank 2019.

Penghargaan Top Bank 2019 diterima langsung oleh Direktur Utama Amar Bank, Vishal Tulsian bertempat di Balai Kartini Jakarta (28/08/2019). Setelah menerima penghargaan, Vishal berujar melayani nasabah merupakan yang utama, karena itu pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan layanannya ke nasabah. “Amar Bank melayani mereka yang selama ini belum terlayani dan membuka akses keuangan lebih mudah bagi segmen ini. Teknologi menjadi kunci untuk memberikan akses lebih mudah bagi masyarakat agar mendapat layanan perbankan. Dan kami terus melakukan edukasi keuangan bagi masyarakat yang belum terlayani sehingga tingkat melek keuangan mereka meningkat, yang ujungnya akan membantu peningkatan taraf hidup mereka,” ungkapnya.

Penghargaan Top Finance 2019 menggunakan penilaian berdasarkan kinerja dan market research di 6 kota besar di Indonesia. Fokus penilaian pada kinerja masa lalu dan prospek bisnis di masa depan. Penilaian dilakukan dengan menilai kinerja secara langsung, kuesioner, dan survei terhadap konsumen.

Ketua penyelenggara Top Finance 2019 yang juga CEO & Editor in Chief Majalah Top Business, M Lutfi Handayani, mengemukakan, dasar pemilihan Amar Bank menjadi salah satu pemenang adalah dari sisi laba ekonomis atau economic value added, pertumbuhan aset yang naik secara signifikan, naik sekitar dua kali lipat, ini merupakan prestasi yang perlu diapresiasi dan menjadi dasar bagi dewan juri, untuk memberikan penghargaan.

Lutfi menambahkan, “Satu hal yang menarik, tentu juga berkaitan dengan banyaknya human capital yang ada di dalam Amar Bank, terutama dari milenial. Kami menilai Amar Bank merupakan bank yang komit terhadap generasi milenial dan tentu ini akan membawa dampak yang positif,” tambahnya.

Vishal mengungkapkan, “Bagi kami yang penting adalah seberapa besar dampak sosial yang dapat kami lakukan untuk customer, sebab penggunaan teknologi adalah kekuatan kami untuk dapat berkreasi dan berinovasi untuk meraih dampak positif yang lebih besar lagi.”

Amar Bank terus mengoptimalkan kinerja dan layanan, serta menargetkan peningkatan jumlah nasabah yang terlayani sehingga berdampak lebih luas ke masyarakat, sesuai dengan visi membuat 200 juta wajah tersenyum pada 2025. Saat ini, Amar Bank melalui Tunaiku telah melayani lebih dari 300 ribu nasabah dengan total aset per Agustus 2019 mencapai Rp2,8 triliun.

Untuk mencapai target itu, tentunya dibutuhkan strategi khusus yang tepat. Salah satunya adalah komunikasi. “Amar Bank terus mempererat komunikasi dengan nasabah, dengan cara memanfaatkan teknologi untuk berkomunikasi dengan nasabah dan calon nasabah. Teknologi membuat kami menjadi lebih mudah berkomunikasi, baik di daerah-daerah maupun kota-kota besar. Tak terkecuali di Jakarta, Bandung, dan kota besar lain di Indonesia,” ujar Vishal.

Dari sisi kredit, pemberian kredit usaha kecil menengah (UKM) per Juli 2019 meningkat sebesar 310% (yoy), dengan persentase paling besar untuk sektor perdagangan. Kepala Divisi Bisnis Banking Amar Bank, Eka Banyuaji, pada kesempatan yang sama mengungkapkan, pertumbuhan kredit untuk UKM signifikan per bulannya, bahkan tahun per tahun, seperti di tahun 2018 – 2019. Tahun ke tahun pertumbuhannya ratusan persen, sesuai target.

Eka juga menambahkan strategi Amar Bank ke depan dalam meraih nasabah UKM. “Kami menyasar UKM dan memberikan plafon hingga Rp1 miliar dengan proses yang terbilang cepat, satu minggu bisa cair. Ke depan kita develop hal tersebut. Secara konvensional, ini sudah berjalan, seperti produk investasi, kerja, itu yang kami sasar. Peran kita ke sana,” kata Eka.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved