Ambisi OT Retail Miliki 1.000 Outlet

Grup Orang Tua (OT) yang selama ini dikenal sebagai salah satu pemain utama di industri fast moving consumer goods di Indonesia sebenarnya telah cukup lama mengembangkan sayap bisnisnya ke industri ritel dengan kehadiran retail furnitur JYSK, convenience store MOR, beauty and cosmetic shop Beau, beverages store Bottle Avenue dan Vinyard.

Berlokasi di Lippo Mall Puri, Jakarta, JYSK membuka gerai ke-22 sekaligus merupakan gerai OT Retail ke-100. Ada beberapa aktvitas dan program yang dihadirkan secara bersamaan, yaitu program CSR pemberian perlengkapan kantor untuk Yayasan Rachel House, peluncuran aplikasi OT Poin yang mempermudah pelanggan dalam mengikuti berbagai program promosi, serta bagi-bagi ratusan hadiah dan program diskon menarik.

Langkah Grup OT memasuki bisnis ritel diawali dengan peluncuran Bootle Avenue dan Vinyard tahun 2010 di Bali. Kemudian, jaringan gerai Mor dan Beau tahun 2013, disusul setahun kemudian oleh JSYK Indonesia, telah menunjukkan hasil yang menggembirakan.

Perlahan tapi pasti, Grup OT Retail tumbuh secara positif. Dan pada tanggal 16 Juni 2019, salah satu milestone utama telah diletakkan, yaitu peresmian gerai JYSK Indonesia ke-22 yang merupakan gerai OT Retail ke-100.

Hingga Juni 2019, jumlah outlet Mor telah memiliki 25 gerai, Beau 24 gerai, Bootle Avenue 14 gerai, dan Vinyard 15 gerai. Gerai-gerai OT Retail ini tersebar di wilayah Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali dan Sulawesi Selatan.

“Sejak awal masuk bisnis ritel, Grup OT tidak melakukan ekspansi secara agresif, karena tren industri ritel beberapa tahun belakangan tidak terlalu mendukung. Namun, kami tetap optimistis dengan sangat selektif dalam membuka gerai-gerai baru,” ujar Harianus Zebua, Head of Corporate and Marketing Communication Grup OT saat peresmian gerai OT Retail ke-100 di Lippo Mall Puri, Jakarta Barat. Pihaknya harus memastikan potensi lokasi setiap gerai baru benar-benar berkembang dan akan bertahan lama.

Selama 6 tahun OT Retail secara konsisten mengembangkan bisnisnya di tengah-tengah kelesuan industri ritel. Kondisi industri yang kurang mendukung menjadikan tantangan yang dihadapi oleh OT Retail semakin berat. Namun, hal tersebut tidak menyurutkan langkah OT Retail melakukan ekspansi bisnis.

Masuk di empat kategori ritel, yaitu furniture, convenience, beauty, dan beverages, OT Retail mengembangkan strategi pertumbuhan moderate dengan mengedepankan efektifitas dan efesiensi operasional namun tetap mengoptimalkan kualitas dan pelayanan terhadap konsumen.

“OT Ritel mengembangkan growth strategy melalui pembukaan gerai-gerai baru, namun dengan kajian mendalam serta mengoptimalkan kerja sama dengan pihak kedua, landlord misalnya. OT Retail juga mengikuti tren digital, dengan mengembangkan unit e-commerce serta aplikasi untuk kenyamanan konsumen,” tambah Sastria Sunur, CEO OT Retail Indonesia.

Gerai JYSK Indonesia ke-22 dan sekaligus tonggak sejarah pencapaian OT Ritel dengan total 100 gerai menempati area seluas 704 m2 di lantai dua, Lippo Mall Puri, Jakarta.

“Komisaris Grup Orang Tua bilang bahwa perusahaan bisa dikatakan terjun ke dunia ritel jika memiliki gerai minimal 100 outlet. Ke depan, kami targetkan OT Retail akan memiliki 1.000 gerai,” ujar Sastria dengan nada optimistis.

Pada pembukaan kali ini ada sejumlah program promosi diluncurkan, yaitu : promo Serbu 1.000 dalam 100 menit, festival balon berhadiah, diskon 10% + 5% all reguler item. “Selain program promosi berupa diskon dan hadiah, JYSK Indonesia juga kembali bekerja sama dengan Yayasan Rachel House Indonesia dengan memberikan support berupa peralatan kantor untuk membantu aktivitas operasional yayasan,” kata Harianus.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)