Amway Terjunkan 300 Ribu Pemasar Alat Filter Udara Mobil

Data dari WHO (World Health Organization) menyebutkan bahwa 92% manusia hidup di udara yang tidak bersih. Bahkan Greenpeace menemukan data 14 dari 18 hari udara di Jakarta tergolong tidak sehat. Di sisi lain,  data penjualan kendaraan bermotor terus meningkat, tumbuh 10-15% per tahun. Pada 2016 saja terjual 124 juta kendaraan bermotor, seperti motor, mobil dan kendaraan berat lain.

Merespons hal itu,  Amway meluncurkan Atmosphere Drive, alat penyaring udara di mobil, berlokasi di Amway Store Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan. Amway merupakan perusahaan penjualan langsung yang menyediakan berabagai produk kecantikan, kesehatan dan peralatan rumah tangga. "Atmosphere Drive menggunakan teknologi filtrasi merek Atmosphere di dalam kendaraan, sehingga memungkinkan konsumen menikmati udara bebas polutan melalui sistem penyaring udara yang terhubung secara mudah dengan colokan pemantik rokok (lighter plug) 12V," kata Dharmaparayana Sthirabudhi, Head of Marketing Amway Indonesia.

Dharmaparayana mengklaim, Atmosphere Drive memiliki filter three-in-one yang unik dan efektif menyingkirkan 99% partikel di udara hingga yang berukuran PM 2.5. Walaupun terlihat sangat compact, namun dalam filter ini terdapat 3 tahapan penyaringan yaitu pre-filter, particulate / hepa filter dan odor filter. Ukuran kerapatan HEPA yang di miliki oleh Atmosphere Drive adalah 0,015 mikron.

“Udara berpolusi di dalam mobil bisa diakibatkan oleh kebiasaan makan dan minum saat berkendara. Masuknya polusi dari udara luar, kebiasaan merokok, atau asap knalpot dari kendaraan lain hingga kurangnya menjaga kebersihan mobil. Semua ini dapat memberikan dampak buruk terhadap kesehatan pernafasan dan penglihatan bagi pengemudi maupun penumpangnya. Namun, dengan adanya Atmosphere Drive di dalam kendaraan, perlu waktu kurang lebih lima menit untuk menyaring polutan di dalam mobil hingga 99%,” lanjut Dharmaparayana.

Dengan kerapatan ini, alat tersebute dapat menyaring virus dan kontaminan serta mengurangi bau yang berasal dari berbagai asap seperti asap rokok maupun asap knalpot mobil. Sebagai ilustrasi, PM 2.5 memiliki ukuran yang sangat kecil yaitu setara dengan 3% dari diameter rambut manusia. Kontaminan dalam mobil yang mampu dilenyapkan di antaranya asap, bebauan dan jelaga yang berasal dari rokok, sisa makanan dan oli/pelumas. Bakteri, virus, mikroorganisme dan pollen yang timbul karena kondisi mobil yang jarang dibersihkan, interior, karpet dan filter AC. Sulfur dioksida (SO2) dan nitrogen dioksida (NO2), gas yang berasal dari pembakaran bahan bakar kendaraan.

Austin Teerman, Associate Engineer Product Design Durables R&D Amway, menuturkan, produk penyaring ini satu-satunya yang memiliki sertifikat Allergy UK. “Untuk mendapat sertifikasi ini tidak mudah, reputasi Allergy UK diakui 135 negara dan 100 perusahaan dunia,” imbuhnya. Menurutnya,  kelebihan Atmosphere Drive yaitu memiliki Smart Technology untuk menjalankan fungsi otomatis, auto shutdown setelah dua jam, dan indikator masa pakai filter, mudah dipasang dan digunakan, juga dilengkapi lampu indikator pergantian filter, kecepatan, dan kualitas udara. Masa pakai filter ini 350 jam. Amway memberikan garansi satu tahun untuk unit Atmosphere Drive.

Menurut Austin, dibutuhkan waktu dua tahun untuk menemukan alat ini. Sebelum sampai Indonesia, produk ini sudah ditawarkan di Korea Selatan, kemudian Taiwan dan Thailand, serta Malaysia sebulan lalu. “Segmen pasar produk ini tidak ditentukan kelas ekonomi, tapi ditujukan pada mereka yang ingin mencapai kualitas hidup lebih baik. Memberikan kesadaran kehidupan lebih baik,” kata Dharmaparayana

Dikatakannya untuk memasarkan produk inj sebagai perusahaan penjualan langsung, Amway akan menggunakan kekuatan 300 ribu tenaga penjualannya di seluruh Indonesia. “Ini komunitas besar melalui mereka edulasi produk ini disampaikan. Kami menggunakan konsep marketing yang sedang tren yaitu experiential marketing dan community marketin. Dengan kedua konsep ini produk akan viral. Kalau dengan endoser hanya waktu tertentu saja, justru komunitas para direct seller lebih panjang,” katanya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)