ARISE, Revolusi Industri 4.0 untuk Inovasi Sosial 

Revolusi industri 4.0 telah hadir bersamaan dengan istilah blockchain, big data, dan cryptocurrency. Kehadiran berbagai platform online yang menghubungkan pengguna transportasi dengan pengemudi merupakan salah satu indikasi awal masuknya revolusi ini.

Kemajuan teknologi ini membawa perubahan secara ekonomi dan akan membawa konsekuensi di bidang-bidang lain. Pelaku industri harus mengantisipasi gelombang revolusi ini dengan proaktif, berbagai konsekuensi muncul seperti pengurangan jasa manusia, meningkatnya limbah pabrik, dan berkurangnya sosialisasi.

Instellar sebagai salah satu penggerak ekosistem social enterprise konsisten mengadakan berbagai kegiatan inkubasi dan akselerasi bagi para social entrepreneurs dan investor. Upaya ini untuk membangun jejaring dan kemitraan dengan berbagai pihak. Awaken & Rediscover Indonesian Social Enterprise (ARISE) dengan tema Impactful Technology for A Sustainable Future yang digagas Instellar dan Bank DBS Indonesia sebagai ajang bagi berbagai pelaku inovasi sosial.

“Ada banyak solusi inovatif bagi banyak masalah sosial dan lingkungan yang dilakukan oleh social enterpreneurs kita di berbagai sektor. Tujuan ARISE adalah mengangkat berbagai solusi inovatif tersebut agar lebih besar manfaatnya,” jelas Romy Cahyadi, CEO Instellar. Manfaat tersebut berguna bagi masyarakat Indonesia melalui kolaborasi kreatif dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk perusahaan swasta, investor, dan pemerintah.

ARISE menampilkan sesi panel mengenai perkembangan teknologi dan dampaknya bagi perubahan sosial. Forum ini diisi oleh berbagai panelis terpilih, di antaranya CEO GE Indonesia Handry Satriago, Sr. Technology Evangelist Microsoft Indonesia Julius Fenata, CTO Dattabot Imron Zuhri, CEO E-Fishery Gibran Huzaifah, VP Growth Amartha Fadilla Tourizqua, Head of Digital Banking Bank DBS Indonesia Leonardo Koesmanto, dan Head of Legal Modalku Chandra Kusuma.

Pada acara ini juga diluncurkan ASEAN Social Enterprise Structuring Guide oleh British Council yang membahas kerangka legal untuk social enterprise di Indonesia dan ASEAN.

ARISE merupakan ajang demo day bagi para alumni program inkubasi Rise Inc. Saat ini 10 social enterprises telah menjalani proses inkubasi dalam program Rise Inc. Peran Instellar secara intensif memberikan pendampingan mengenai perencanaan bisnis, pemasaran dan keuangan, hingga akses sumber pendanaan berupa hibah dan pinjaman lunak bagi social enterprise yang terbaik.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!