Business Research Trends zkumparan

Asian Games 2018 Bukukan Belanja Iklan Lebih dari Rp747 Miliar

Tak hanya perhelatan pembukaan Asian Games 2018 mendapat sambutan antusias Bangsa Indonesia. Waktu penutupan pun, Asian Games 2018 juga meninggalkan kesan yang mendalam.

Penutupan Asian Games 2018 menjadi sorotan masyarakat dunia. Terbukti, dari hasil survei Nielsen di 11 kota, rata-rata rating tayangan acara penutupan Asian Games 2018 mencapai angka yang cukup tinggi yakni 14,5%, dengan share mencapai 55,7%.

Melihat profil pemirsa televisi, acara penutupan Asian Games 2018 yang berlangsung pada Sabtu 2 September 2018 malam didominasi oleh penonton berusia 15-17 tahun dengan rating sebesar 17 persen, berikutnya adalah penonton berusia 50 tahun ke atas dengan rating 16,3%, disusul dengan penonton berusia 20-39 tahun dan penonton berusia 40-49 tahun yang masing-masing mendapatkan perolehan rating yang sama yaitu 14,8%.

Dari sisi share, acara penutupan Asian Games 2018 penonton berusia 15-19 tahun menunjukkan share tertinggi yaitu 65,7%, disusul penonton usia 20-29 tahun dengan share 61,5%, dan penonton berusia 30-39 tahun dengan share sebesar 54,7%. Jika dilihat dari kelas sosial, penonton pada SES upper class adalah yang tertinggi dengan perolehan rating dan share masing secara berurutan sebesar 15,6% dan 64,6%. Sepanjang tayangan penutupan Asian Games 2018, pemirsa perempuan juga menunjukkan angka indeks yang lebih tinggi dibandingkan dengan pemirsa pria (113 vs 87).

Hasil pantauan Nielsen Television Audience Measurement (TAM) di 11 kota, sepanjang pelaksanaan Asian Games 2018 yang berlangsung pada 18 Agustus – 2 September 2018 menunjukkan tren jangkauan (reach) tayangan yang terus meningkat. Asian Games 2018 ini berhasil menjangkau sampai dengan 85,4% penonton televisi.

Sepanjang pelaksanaan pertandingan Asian Games 2018, tayangan yang paling banyak mengikat rasa nasionalis penonton televisi adalah laga sepak bola dan bulu tangkis. Tertinggi masih diperoleh laga pertandingan sepak bola yang mempertemukan Indonesia dengan Hongkong yang meraih rating 9,4% dan share sebesar 35,6%, disusul oleh pertandingan bulu tangkis Indonesia dengan China dengan angka rating 7,9 persen dan share 35,6 persen.

Dukungan nasionalisme para penonton televis kepada timnas bulu tangkis masih terus berlanjut pada partai final individu putra yang berlangsung pada 28 Agustus 2018. Partai final yang mempertemukan Indonesia dan Taipei tersebut memperoleh rating sebesar 4,5% dan share 34,4%. “Pertandingan sepak bola dan bulu tangkis masih menjadi pengikat nasionalisme penonton, terbukti di setiap laga yang mempertandingkan kontingen Indonesia selalu mencapai perolehan rating dan share tertinggi penonton televisi,” kata Hellen Katherina, Executive Director Media Business Nielsen Indonesia.

Melihat sisi lain dari Asian Games 2018, Nielsen Advertising Intelligence (Ad Intel) menunjukkan bahwa sepanjang pagelaran ajang olahraga terbesar se-Asia itu membukukan total belanja iklan mencapai lebih dari Rp747 miliar. Total belanja iklan ini adalah yang total belanja iklan pada media televisi saja, tidak termasuk iklan pada media lainnya dan belum termasuk iklan-iklan luar lapangan, seperti billboard, dan lainnya. Kategori produk yang aktif beriklan meningkat datang dari kategori produk Online Service dengan belanja iklan sebesar Rp150, 2 miliar.

Disusul oleh kategori produk Layanan dan Perangkat Komunikasi dengan belanja iklan sebesar Rp76,8 miliar, kategori Minuman Berenergi dengan belanja iklan sebesar Rp50, 7 miliar. Di urutan keempat dan kelima adalah kategori produk Layanan Masyarakat dengan belanja iklan sebesar Rp39, 6 miliar dan kategori produk Korporasi Perbankan dengan belanja iklan Rp36, 7 miliar.

Berdasarkan merek produk yang paling banyak beriklan, Bukalapak.com yang juga merupakan salah satu sponsor utama dari Asian Games 2018 mendominasi dengan jumlah belanja iklan sebesar Rp102,9 miliar. Grab juga menjadi merek dengan belanja iklan tertinggi lainnya sebesar Rp 28, 7 miliar. Disusul Telkomsel dengan total belanja iklan Rp27, 9 miliar. Pengiklan terbesar keempat adalah Samsung dengan total belanja iklan sebesar Rp25 miliar. Di urutan kelima adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang aktif beriklan sepanjang Asian Games 2018 dengan total belanja iklan Rp21,9 miliar.

Nielsen TAM di Indonesia melakukan pengukuran kepemirsaan atas semua televisi nasional terhadap lebih dari 8.000 orang berusia 5 tahun keatas di 11 kota di Indonesia (Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Semarang, Surakarta, Surabaya, Denpasar, Medan, Palembang, Makassar dan Banjarmasin). Hasil pengukuran tersebut tertuang dalam nilai rating, share dan indeks.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved