Asuransi Sinar Mas Bayar Klaim Banjir Rp 3,59 Miliar

Banjir di Jakarta pada 2020. (Ilustrasi foto : Istimewa)

PT Asuransi Sinar Mas (ASM) menyerahkan pembayaran klaim asuransi akibat banjir yang melanda wilayah Jakarta dan sekitarnya di Februari 2021. Hujan terus-menerus yang terjadi pada 20 Februari 2021 lalu mengakibatkan banjir di sejumlah wilayah Jakarta dan sekitarnya. Dampak dari risiko banjir ini menyebabkan kerusakan pada kendaraan hingga properti seperti rumah, gedung perkantoran, dan pabrik.

Pada kejadian banjir ini, ASM menerima 152 laporan klaim dari nasabahnya, yang terdiri dari 124 laporan klaim asuransi kebakaran/properti serta 28 laporan klaim asuransi kendaraan bermotor. Adapun total nilai klaim diestimasi sebesar Rp 22.093.670.059.

ASM mempercepat proses penanganan klaim akibat banjir ini, yakni menyerahkan pembayaran klaim untuk para nasabah dengan total klaim yang dibayarkan senilai Rp 3.595.210.000 pada 19 Maret 2021. Rinciannya, terdiri dari 8 klaim asuransi kebakaran/properti senilai Rp 2.465.400.750 dan 7 klaim asuransi kendaraan senilai Rp 1.129.809.250.

Untuk klaim asuransi kebakaran/properti yang dibayarkan masih berupa interim payment sambil menunggu proses penyelesaian untuk nilai kerugian final. Sementara untuk klaim asuransi kendaraan bermotor yang dibayarkan merupakan final/full payment.

Martin P Lalamentik, Direktur ASM saat seremoni penyerahan klaim yang dilakukan secara virtual, mengapresiasi nasabah ASM. “Pembayaran klaim ini sesuai dengan misi perusahaan yaitu Know your customer and Satisfy their needs. Kecepatan dalam penanganan proses klaim dilakukan untuk meringankan beban nasabah yang mengalami kerugian dan prosesnya kami lakukan secara profesional, ” ujar Martin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (3/4/2021).

Pembayaran klaim ini disambut baik oleh para nasabah. “Ini merupakan pertama kali bagi saya memiliki asuransi dan sudah ada pembayaran asuransi awal sebagai itikad yang baik. Service yang sangat bagus untuk Asuransi Sinar Mas,” ungkap Hartono Hosea, Dirut PT Sunindo Indah Hotel. Hal senada disampaikan nasabah ASM lainnya, Ruddy Sastrodidjojo, Direktur PT Kalibesar Raya Utama dan Ferdiansyah, Marketing Head PT Oto Multiartha. Pembayaran klaim Asuransi Sinar Mas telah dibuktikan dalam berbagai peristiwa penting seperti klaim gempa Yogyakarta tahun 2006, gempa Padang 2009, klaim gempa Palu 2018, klaim banjir awal tahun 2020 lalu, dan lain-lain.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)