Marketing Technology Trends

Audisi eSports Pertama di Indonesia Berhadiah Rp1,3 Miliar

Audisi eSports Pertama di Indonesia Berhadiah Rp1,3 Miliar

Untuk yang pertama kalinya di Indonesia, ada audisi pencarian bakat atlet eSports melalui program First Warriors. Kegiatan ini diselenggarakan oleh PT Link Net Tbk. (LINK) dengan brand First Media demi membangun ekosistem eSports di Tanah Air. First Warriors digelar di enam kota besar, yaitu Jakarta, Medan, Batam, Surabaya, Semarang, dan Bandung.

Pembukaan First Warriors dilakukan oleh Deputy Chief Executive Officer PT Link Net Tbk. Victor Indajang dan Content & eSports Director PT Link Net Tbk., Ferliana Suminto. Victor Indajang, Deputy CEO PT Link Net Tbk, mengungkapkan pentingnya mendukung ekosistem eSports. “Selain menghadirkan produk bagi para pencinta games, seperti paket Game Xpert, kami juga menjadi sponsor di berbagai acara eSports yang diselenggarakan di berbagai kota, salah satunya Piala Presiden eSports 2019. Secara khusus, First Warriors. kami hadirkan untuk semakin melengkapi inisiatif First Media dalam mendukung pemerintah memajukan dunia eSports di Indonesia,” jelasnya.

Dalam Newzoo’s 2019 Global Games Market Report mengungkapkan bahwa industri eSports akan terus bertumbuh, dan Mobile Gaming (Smartphone dan tablet) akan kembali menjadi segmen paling besar pada tahun 2019, dengan pendapatan mencapai $68,5 miliar – mencapai 45% dari pasar global games, serta sebanyak 80% atau $54,9 miliar berasal dari smartphone games. Dan tahun 2022, Newzoo memprediksi mobile gaming akan menghasilkan revenue sebesar $95,4 miliar.

“Kami melihat tren dunia di mana mobile gaming sedang mendominasi dan Free Fire merupakan mobile game popular saat ini, karenanya kami bermitra dengan Garena untuk membawa eSport Free Fire di season pertama ini. Kami harapkan melalui ajang ini akan melahirkan talent-talent muda berbakat yang terus masuk ke dunia eSports Indonesia, karena itu bagi para penggemar eSports,”kata Ferliana Suminto, Content & eSports Director PT Link Net Tbk., menambahkan.

Untuk mendukung First Warriors, First Media menghadirkan paket Pop Game Xpert untuk para gamer, khususnya milenial, di mana paket ini terdiri dari High Speed Unlimited Broadband Internet, High End Game Router, dan Best Quality Channels yang dipaketkan dengan beragam merchandise seperti smartphone, smartwatch, dan game voucher dengan harga paket mulai dari Rp 289.500 (sebelum PPN).

Bukan hanya kompetisi dan produk baru bagi pecinta games saja yang dihadirkan, juga akan meluncurkan in-house channel khusus eSports di layanan tv cable First Media yaitu First Warriors di channel #999 yang mulai tayang pada Oktober 2019. “Channel ini akan menghadirkan lebih dari 1.000 jam konten gaming dan eSports di antaranya kompetisi, turnamen, reality show, ulasan game, dan konten eSports lainnya di Indonesia. Hal ini untuk memberikan dukungan secara menyeluruh bagi pertumbuhan ekosistem eSports di Indonesia,” tambah Ferliana.

First Warriors terdiri dari kompetisi offline dan online. Untuk kompetisi offline akan dimulai dari kota Medan bertempat di Sun Plaza pada 15 September 2019, Surabaya di Galaxy Mall pada 22 September 2019, Bandung di Istana Plaza pada 29 September 2019 dan Jakarta pada 6 Oktober 2019 bertempat di Lippo Mall Puri. Sedangkan untuk kompetisi online akan dibuka pertama di kota Batam mulai 9 September hingga 13 September 2019, dan dilanjutkan di kota Semarang pada 16 September hingga 20 September 2019. Audisi finalis akan berlangsung di High Ground Cafe, PIK pada 15 Oktober hingga 26 Oktober 2019.

Untuk grand final First Warriors akan dilakukan di Jakarta bertempat di Mall Taman Anggrek pada 27 Oktober 2019 dan menghadirkan para juri ahli, seperti Skyla, Kapten Liong, Meri Olivia, dan Kulgar (duo). Untuk registrasi peserta First Warriors dimulai sejak acara peluncuran pada 22 Agustus 2019, yaitu registrasi perorangan melalui online di website. Kompetisi ini ditargetkan akan diikuti sekitar 15.000 peserta dengan jumlah pertandingan lebih dari 100 kali. Dalam menyelanggarakan kompetisi ini, First Media bekerja sama dengan Yamisok, Garena Indonesia, dan Indonesia eSports Association.

Dalam kesempatan ini, Chief Marketing Officer PT Yamisok Tech Indonesia, Diana Tjong, mengungkapkan, kompetisi ini dimulai dari registrasi perorangan, kualifikasi, karantina finalis untuk dibekali berbagai materi hingga menjadi sebuah tim profesional. Keseluruhan ini akan dikemas dalam bentuk reality show, bahwa tidak mudah menjadi pemain eSports dan dari sebuah mimpi bisa menjadi kenyataan di sini.

Sebanyak 48 finalis hasil seleksi kompetisi yang menang di setiap kota akan dikarantina untuk dibekali materi dari para ahli dan mentor untuk menjadi tim profesional yang akan bertanding di Grand Final di Jakarta. Total hadiah yang disediakan senilai Rp 1,3 miliar termasuk dikontrak eksklusif sebagai Official eSports Team First Media yaitu First Raiders.

“First Media berkomitmen menjadi yang pertama dalam mengembangkan inovasi dan selalu mengambil momen yang tepat untuk dapat melayani masyarakat Indonesia dengan lebih baik. Dalam kesempatan ini, kami mengajak banyak pihak untuk #PlayforGreatness bagi kesuksesan eSports Indonesia,” kata Victor.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved