Management Trends

Avrist Andalkan Perlindungan Jiwa dan Kesehatan Saat Pandemi Covid-19

Dengan pengalaman lebih dari 40 tahun, PT Avrist Assurance konsisten dengan strategi bisnis yang berfokus pada produk asuransi tradisional, baik untuk perlindungan jiwa maupun kesehatan. Strategi ini terbukti efektif, karena tercatat hingga per bulan November 2020, produk perlindungan jiwa murni Avrist Prime Protection mengalami lonjakan pertumbuhan sebesar 51% dengan total APE (Annual Premium Equivalent) sebesar Rp44,7 miliar.

Produk tradisional Avrist Assurance mendominasi dibandingkan produk berbasis unitlink. Asuransi tradisional sendiri telah memberikan kontribusi lebih dari 83% terhadap pendapatan premi bruto Avrist Assurance YTD November 2020.

Yasuo Sato, Direktur PT Avrist Assurance menyampaikan, pihaknya optimistis menjadi pemain utama dalam penyediaan produk asuransi tradisional. Terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini, masyarakat sangat membutuhkan perlindungan jiwa dan kesehatan murni, sehingga produk dan pelayanan yang diberikan sejalan dengan kebutuhan pasar.

Pertumbuhan pada produk asuransi tradisional Avrist ditopang oleh beberapa produk unggulan seperti Avrist Prime Protection, yaitu produk perlindungan jiwa murni yang memberikan perlindungan hingga usia 80 tahun, serta produk perlindungan kesehatan yang baru diluncurkan pada pertengahan 2020 ini, yakni Avrist Prime Hospital and Surgical, produk asuransi dengan fitur manfaat perlindungan kesehatan beberapa anggota keluarga dalam satu polis.

“Produk asuransi tradisional dapat diterima dengan baik oleh masyarakat karena karakteristik produknya yang sederhana, mudah dipahami, dan tidak ada beban dana maupun klausul-klausul tersembunyi. Inilah inti mendasar dari asuransi, yaitu perlindungan yang murni”, lanjut Yasuo.

Dari kacamata industri asuransi, pertumbuhan premi dari asuransi jiwa sendiri menunjukan pencapaian yang cukup baik. Berdasarkan data dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), pencapaian kinerja asuransi jiwa pada bulan Oktober 2020 cukup signifikan. Penambahan pendapatan premi mencapai Rp 18,12 triliun. Terakhir kali premi asuransi jiwa bertambah Rp 18 triliun secara bulanan adalah pada Juni 2019 yakni sebesar Rp 18,60 triliun.

Kanal keagenan menjadi tulang punggung dalam memasarkan produk asuransi tradisional secara individu kepada masyarakat. Avrist menerapkan berbagai upaya secara menyeluruh untuk menggarap pasar asuransi tradisional, seperti penyediaan ragam produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, harga premi produk yang terjangkau dan manfaat perlindungan komprehensif, hingga rekrutmen tenaga pemasar bersertifikasi.

Hingga November 2020, Avrist memiliki lebih dari 4.000 agen pemasaran bersertifikasi yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Jakarta, Bogor, dan Medan menjadi tiga kota dengan jumlah agen pemasaran terbanyak. Kemudian disusul dengan Yogyakarta dan Surabaya. Jumlah agen pemasaran ini tercermin pada angka penjualan asuransi tradisional di kota tersebut, dimana Jakarta dan Bogor menjadi kota yang mencetak prestasi penjualan tertinggi sepanjang tahun 2020 ini – dengan kontribusi lebih dari 50% dari total penjualan di seluruh Indonesia.

Yasuo memaparkan, “Kami melakukan berbagai upaya untuk tetap dapat menjaring tenaga pemasar di masa pandemi seperti sekarang ini. Digitalisasi adalah kunci untuk tetap produktif dalam melakukan perekrutan agen.” Avrist pun memiliki fasilitas berupa aplikasi Avrist e-Recruitment, yang dapat dimanfaatkan oleh agen dalam melakukan berbagai keperluan terkait pemasaran, mulai dari akses materi pelatihan, akses materi presentasi produk, hingga memonitor status pengajuan sertifikasi. Ini sangat memudahkan kami untuk tetap dapat produktif.

Saat ini, perseroan fokus melakukan rekrutmen tenaga pemasar dari kalangan generasi milenial. Ke depan, strategi ini akan diwujudkan melalui serangkaian program Campus Recruitment, yaitu program perekrutan mahasiswa di berbagai kampus di Indonesia. Ini merupakan wujud adaptasi perusahaan yang melihat potensi besar dalam pangsa generasi milenial.

Kanal keagenan menetapkan target pertumbuhan APE sebesar 10% pada tahun 2021 mendatang. Pertumbuhan ini didukung oleh serangkaian kehadiran produk asuransi tradisional baru yang akan diluncurkan pada tahun depan, seperti produk asuransi jiwa seumur hidup dengan manfaat kupon sebagai manfaat hidup, produk dwiguna untuk anak-anak dengan manfaat dana pendidikan, serta berbagai produk asuransi kesehatan dan kecelakaan dengan premi terjangkau. Diharapkan, ragam produk asuransi dari Avrist Assurance dapat senantiasa menjawab kekhawatiran dan memenuhi kebutuhan masyarakat akan perlindungan finansial keluarga.

Rasio solvabilitas (RBC) Avrist tercatat 371% pada September 2020, melebihi standar yang ditetapkan OJK sebesar 120%. Perusahaan dipercaya untuk mengelola aset dengan nilai lebih dari Rp11 triliun.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved