Trends

Bank Danamon Luncurkan Website Korporat dan Persona Instagram Baru

Bank Danamon Luncurkan Website Korporat dan Persona Instagram Baru

Toni Darusman, Chief Marketing Officer Danamon

Perkembangan digital yang sangat pesat mengubah perilaku konsumen. Tentu saja perkembangan ini harus dijawab dengan terobosan teknologi yang mumpuni untuk bisa memenangkan persaingan. Bank Danamon memahami ini dengan melakukan pengkinian website korporat dan persona instagramnya.

Gervasius Samosir Country Head Solidiance –perusahaan konsultan strategi pemasaran, menyampaikan penetrasi ponsel pintar di Indonesia saat ini sudah mencapai 40 persen, namun disisi lain kondisi perbankan kita masih 50 persen yang belum tersentuh perbankan dan 60 persen perbankan konsentrasi masih di pulau Jawa. “Ada sekitar 75 juta dolar dana belum tersalurkan,” katanya.

Dan di sini lain, lanjut Gervasius, dominasi populasi Gen Y dan Gen Z mulai meningkat. “Generasi ini sangat digital handheld dan sangat menuntut digitaly crowd source solutions,” ujarnya. Mereka sangat ingin kemudahan bertransaksi melalui perangkat digital yang dimiliki, mulai dari membuka rekening bank, berbicara dengan customer services melalui fasilitas chatting, bahkan kalau bisa terhubung dengan media sosial mereka semua layanan tersebut.

Toni Darusman, Chief Marketing Officer Danamon, melihat kondisi nasabah yang makin terkoneksi dengan dunia digital membuat pihaknya meluncurkan website koporat dan persona Instagram Danamon yang baru pada (26/09/2017). Menurutnya, ini merupakan komitmen Danamon dalam komunikasi berbasis digital dengan seluruh pemangku kepentingan melalui kanal www.danamon.co.id yang baru dan akun media sosial yang terintegrasi dengan kanal tersebut.

“Kanal komunikasi digital seperti website dan media sosial merupakan sarana interaksi yang tidak terpisahkan bagi masyarakat saat ini, khususnya generasi milenial. Komitmen kami adalah untuk terus meningkatkan efektivitas, kualitas serta kecepatan respons terhadap permintaan dan kebutuhan masyarakat. Salah satu caranya adalah melalui Danamon Digital Journey, di mana kami terus melakukan pembenahan dan peremajaan kanal komunikasi digital resmi Danamon, baik melalui penambahan fitur termuktahir hingga penataan untuk kemudahan akses,” kata Toni.

Ia kemudian menceritakan bank ini sudah mulai memulai Danamon Digital Journey sejak Oktober 2016. Kala itu pihaknya mulai melakukan penyederhanaan akun-akun media sosial yang berjumlah 23 kanal menjadi 6 saja. Lalu pada Desember di tahun yang sama, bank ini meluncurkan DMobile, yang memungkinkan nasabah mengakses rekeningnya melalui aplikasi.

Memasuki tahun 2017 diluncurkan One Persona di usia 61 tahun, agar lebih percaya diri dan menginspirasi generasi milenial, itulah mengapa harus Danamon harus melakukan pengkinian mobile bankingnya. Kemudian pada Juni 2017 diluncurkan D-connect untuk business banking, mengintegrasikan dalam One Danamon. Untuk nasabah korporat melalui MyDanamon sedang nasabah ritel banking melalui Halo Danamon di Twitter. Perusahaan juga melakukan pembaruan pada visual akun Instagram Danamon sekaligus meluncurkan kampanye tematik yang baru dengan brand promised: Saatnya Pegang Kendali.

“Pada September tahun ini kami melakukan improvement di website korporat Danamon yang lebih user friendly terlebih ketika buka di ponsel. Kami memahaminya dengan membuat website ini lebih nasabah sentris, karena tiap nasabah berbeda profilnya,” ujarnya. Menurut Toni, Danamon Digital Journey tidak akan berhenti sampai di sini, pihaknya terus akan melakukan pembaharuan, karena bank ini ingin mengubah prespektif sebelumnya yang dianggap kaku dan tua mengingat usianya sudah 61 tahun, menjadi lebih relevan dan dinamis dengan pengkinian kanal digital yang dimiliki.

Pengkinian website, antara lain, termasuk mengganti tampilan antar muka serta berbagai fitur baru yang mutakhir. Dalam hal media sosial, Danamon melakukan restrukturisasi akun media sosial resmi yang dikelola perseroan serta meluncurkan persona Instagram baru sejalan dengan tren penggunaan media sosial. Peluncuran corporate website baru ini merupakan hasil dari peremajaan dengan menggunakan sistem dan platform baru, yaitu SiteCore, suatu sistem manajemen konten ternama di industri pengembangan website.

Situs baru ini menghadirkan sistem navigasi dan desain berdasarkan “Customer Journey”, di mana peta situs dirancang untuk memudahkan pengunjung untuk mendapatkan informasi terkait kebutuhan mereka. Selain itu, situs ini juga dilengkapi dengan fitur terkini dan kemudahaan akses melalui perangkat pintar mereka, seperti responsive design, quick sticky menu, hingga swap and scroll menu, adanya sistem navigasi informasi produk berorientasi terhadap keinginan/relevansi nasabah, simulasi produk, komparasi produk, dan leads generator.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved