Beda Pengaplikasian Fitur Samsung Dex dengan Link to Windows

Fitur Samsung DeX dan Link to Windows mirip, tapi beda pengaplikasiannya

Fitur Samsung DeX dan Link to Windows merupakan dua fitur yang dapat menunjang produktivitas para penggunanya, yang secara sekilas terlihat dua buah fitur yang mirip, namun fungsi dari kedua fitur ini amatlah berbeda. 

Bagi pengguna Samsung Galaxy Note20 Series, harus memahami bahwa fitur Samsung DeX dan Link to Windows agar tidak tertukar fungsinya. Karena dua fitur ini dari Galaxy Note20 Series cukup sering tertukar fungsinya, padahal keduanya berbeda pengaplikasiannya.  

“Selain menghadirkan peningkatan dari sisi spek untuk memastikan performa yang optimal pada setiap perangkat Samsung Galaxy kami, kami juga senantiasa menghadirkan quality of life improvement untuk setiap fitur-fitur pada Samsung Galaxy Note20 Series. Hal ini kami lakukan untuk menghadirkan pengalaman penggunaan terbaik bagi para konsumen kami. Fitur Samsung DeX dan Link to Windows merupakan dua fitur yang dapat meningkatkan kemudahan pengguna untuk semakin meningkatkan produktivitas mereka," jelas Taufiqul Furqan, Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia. 

Samsung Dekstop Experience atau lebih dikenal dengan Samsung DeX kini mengalami peningkatan, dengan menggunakan teknologi wireless. Maka itu, Samsung Galaxy Note20 Series kini sudah dapat dihubungkan dengan SmartTV mana pun yang mendukung teknologi Miracast. Ini semakin memudahkan untuk menghubungkan perangkat pengguna Samsung dengan perangkat SmartTV mana pun. 

Meskipun demikian, Samsung DeX berbeda dengan screen mirroring. Dimana Screen Share membuat pengguna gawai ini, bisa memproyeksikan layar Galaxy Note20 Series ke SmartTV, sementara Samsung Dex membuat SmartTV menjadi layar kedua, lalu bisa menggunakan Galaxy Note20 Series sebagai touchpad, atau untuk membuka aplikasi lainnya. 

Pada prakteknya, Samsung DeX sendiri memiliki fungsi yang beragam. Selain mempermudah pengguna Galaxy Note20 Series untuk melakukan multi-tasking, seperti menonton video memasak pada YouTube yang ditampilkan pada layar SmartTV, sambil mencatat daftar belanja dan cara memasak dengan menggunakan Samsung Notes. Hingga melakukan presentasi dihadapan rekan-rekan maupun klien.

Semua itu dapat dilakukan dengan seamless tanpa perlu adanya kabel tambahan. Cukup mengakses menu DeX, temukan SmartTV yang ingin dikoneksikan, dan izinkan perangkat Galaxy Note20 Series untuk menampilkan konten pada menu yang muncul pada layar SmartTV.

Persamaan Link to Windows dengan Samsung DeX hanyalah pada teknologi wireless yang digunakan. Hanya saja, untuk menghubungkan perangkat Galaxy Note20 Series ke SmartTV, kalau Link to Windows harus dengan perangkat desktop berbasis Windows10. Secara fungsi, Link to Windows membawa pengalaman menggunakan perangkat Galaxy Note20 Series ke perangkat desktop pengguna. 

Pengguna juga dapat menautkan aplikasi favorit pada Galaxy Note20 Series-nya ke desktop/laptop berbasis Windows10, yang semakin mempermudah pengguna untuk mengakses aplikasi tersebut di kemudian hari. Hal ini tentu saja memudahkan pengguna untuk bekerja menggunakan desktop/laptop berbasis Windows10. 

“Setiap fitur-fitur yang dimiliki oleh produk-produk terbaru dari Samsung, berdasarkan dari hasil dari riset penggunaan, insight serta feedback dari para konsumen kami. Konsumen merupakan bagian terpenting bagi Samsung, sehingga kami selalu berusaha untuk menyajikan pengalaman penggunaan terbaik, agar setiap konsumen kami dapat menikmati perangkat Galaxy yang mereka cintai, lebih jauh lagi," tandas Taufik. 

Editor: Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)