Marketing Trends zkumparan

Bhinneka.com Apresiasi Pelanggan di HPN 2020

Sebagai pembeli maupun pengguna barang dan jasa, layanan pelanggan merupakan roda utama penggerak bisnis apa pun sektornya. Pelanggan pun merupakan salah satu kunci penting keberlangsungan sebuah usaha, serta kuatnya jenama. Oleh karenanya, pelayanan terbaik mutlak diberikan kepada para pelanggan.

Kualitas pelayanan inilah yang terus dijaga dan ditingkatkan oleh Bhinne-ka.com. Pionir e-commerce Indonesia yang telah hadir sejak 27 tahun lalu tersebut kini telah bertransformasi menjadi super ekosistem untuk bisnis yang melayani UMKM, korporasi, hingga lembaga pemerintah di Tanah Air.

Bertepatan dengan peringatan Hari Pelanggan Nasional (HPN) 2020 yang jatuh di tanggal 4 September lalu, Bhinneka.com memberikan program apresiasi sebulan penuh kepada pelanggan, berupa free ongkir hingga 3 kilogram dan layanan jemput perangkat pelanggan. Hal ini didorong oleh situasi penyebaran Covid-19 yang masih meningkat tiap harinya, dan keselamatan pelanggan lebih penting dengan tidak mengurangi kualitas pelayanan.

Melayani dari hati menjadi kunci kualitas pelayanan yang prima dalam membangun kepercayaan pelanggan, memberi rasa tenang dan membuat mereka selalu kembali menggunakan layanan. Mulai pembeli ritel, perusahaan sebagai klien pengadaan, begitu pula lembaga pemerintah. Konsistensi pengalaman pelanggan inilah yang dterapkan di jaringan omni channel (O2O).

Astrid Warsito, Head of Corporate Communications Bhinneka.com, menjelaskan, “Bagi kami, setiap hari adalah Harinya Pelanggan Bhinneka.Com. Faktor keselamatan dan kenyamanan pelanggan menjadi prioritas selama masa pandemi ini. Maka e-commerce sebagai motor terdepan di masa pandemi ini, kami memberi gratis ongkir untuk seluruh produk, mulai dari kebutuhan sehari-hari hingga kebutuhan operasional perusahaan.”

Program apresiasi gratis ongkir ini sekaligus momen untuk memperkenalkan layanan pengiriman milik Bhinneka.com sendiri, yakni Bhinneka Express yang fokus melayani titik-titik konsentrasi pelanggan di Jadetabek. Paralel, gratis ongkir hingga 3 kg juga bertujuan mendukung inisiatif #BangkitLagi bagi UMKM, bagian dari gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia (BBI). Hal ini mengingat produk UMKM, termasuk yang ada di platform Bhinneka.com didominasi produk bahan pangan dan olahannya, serta produk kerajinan.

Di sisi lain, beberapa layanan omni channel Bhinneka.com memang terpengaruh oleh situasi pandemi. Bhinneka Store, salah satunya. Layanan toko fisik di beberapa kota terpaksa terhenti mengikuti ketentuan. Para pelanggan pun diarahkan untuk berbelanja secara daring langsung di situs, maupun dibantu tim penjualan. Kendati demikian, layanan warehouse (gudang), dan delivery (pengiriman) tetap berjalan maksimal sesuai protokol kesehatan yang ketat.

Begitu pula dengan layanan Bhinneka Service Center tunduk pada ketentuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) DKI Jakarta. Untuk itu, dilakukam penjemputan perangkat yang akan diperbaiki. Layanan ini dapat dinikmati para pelanggan selama setahun, hanya dengan biaya Rp100 ribu. Produk yang dilayani adalah notebook, desktop PC, all-in-one, printer A4, dan gadget.

“Sebelum PSBB, toko-toko fisik Bhinneka menjadi pickup/drop point barang-barang yang akan diperbaiki. Layanan jemput barang yang telah berjalan sebelumnya, ditingkatkan demi mengakomodasi kebutuhan pelanggan baik yang bekerja atau belajar di rumah. Hanya membayar Rp100 ribu, tim Bhinneka Service Center pada HPN telah menjemput perangkat, kemudian mengantarkannya kembali setelah diperbaiki,” jelas Astrid.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved