Marketing Trends

Bhinneka Roadshow ke 20 Kota

Bhinneka Roadshow ke 20 Kota
Salah satu acara roadshow Bhinneka di Bandung dengan tema #LevelUp dalam upaya meningkatkan kinerja

Menurut data riset Daily Social tentang Pasar B2B Commerce Services di Indonesia, Bhinneka yang merupakan pionir layanan B2B ecommerce, masih memimpin pasar layanan ini memasuki semester ini. Untuk menjaga posisinya, Bhinneka kembali mengelilingi Tanah Air, bertemu dengan lebih dari 3.500 aparatur instansi pemerintah (lembaga, dinas, dan instansi) maupun pelaku bisnis.

Selain itu Bhinneka turut menggandeng beberapa pemain dan pemimpin di industri yang terkait dengan layanannya, untuk menebarkan semangat #LevelUp dalam meningkatkan kinerja: Level up your productivity and unlock your business potential.

Kegiatan dengan format roadshow ini berlangsung di 23 kota, tersebar merata di pulau Sumatera, Jawa dan Bali, Kalimantan, serta Sulawesi, dimulai di bulan Agustus hingga akhir tahun 2019.

“Bhinneka Bisnis melayani segmen UKM, Enterprises dan Institusi Pemerintahan. Kami memahami tantangan yang dihadapi para pelaku bisnis dan perusahaan (B2B) adalah produktivitas, efisiensi, dan potensi bisnis lebih lanjut, terlebih dari sisi pengadaan,” kata VP Corporate Sales Bhinneka, Jeffry Oenang.

Untuk itu, Bhinneka sebagai B2B e-commerce player yang paling Indonesia berkomitmen untuk level up Indonesia. Dalam roadshow 23 kota ini, dengan menggandeng lebih dari 10 merek untuk berbagi tren industri, memperluas wawasan, studi kasus dan berdiskusi dengan para peserta.

“Sedangkan di segmen B2G, fokusnya adalah peningkatan kinerja dan kompetensi masing-masing instansi lewat pemanfaatan teknologi demi menunjang aktivitas pelayanan publik. Di mana roadshow tahun ini memfokuskan pada smart city dan sektor pendidikan,” lanjut Oenang.

Indonesia memiliki potensi sektor B2B yang masih sangat besar. Hasil riset Frost & Sullivan pada 2018 mengungkapkan, pertumbuhan B2B di Indonesia dalam rentang 2015-2017 mencapai CAGR 16,77%, dari US$ 2,6 miliar menjadi US$ 5,6 miliar. Bhinneka optimis angka ini akan terus bertumbuh.

Bhinneka sendiri memiliki customer base yang luas dan melalui berbagai platform. Konsumen perorangan dan UMKM dilayani melalui Bhinneka.Com; pelanggan bisnis dan pengadaan perusahaan termasuk skala UKM dan Enterprises melalui Bhinneka Bisnis di platform b2b.id; sementara untuk pengadaan kebutuhan pemerintah, Bhinneka bermitra dengan Lembaga

Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) melalui platform e-Katalog. Terpisah dari ketiganya, ada juga Bhinneka Digital Printing Solutions (DPS) yang khusus melayani distribusi mesin cetak digital format besar.

Di sisi lain, semangat #LevelUp juga terjadi atas Bhinneka yang selama ini telah dikenal merajai kategori 3Cs; Computer/IT, Communication Technology, and Consumer Electronics, yaitu ditandai dengan peluncuran produk kategori non-IT: Maintenance, Repairs, and Operations (MRO) sebagai salah satu fokus baru di lini Bhinneka Bisnis, serta hadirnya Bhinneka Solutions and Services demi menyongsong era Industry 4.0.

“Dengan model bisnis yang demikian, Bhinneka sudah lebih dari sekadar toko online, we’re beyond e-commerce. Selain melayani pasar retail, kontribusi bisnis dari sektor B2B dan B2G saat ini lebih mendominasi dan potensinya terus bertumbuh,” lanjutnya.

Hadir sebagai mitra dalam rangkaian kegiatan ini, Bhinneka turut mengajak beberapa merek yang mendukung roadshow ini adalah Epson, SVI Samsung, BenQ, Fujitsu, Lenovo, HP, Asus, Dell, Microvision, Sharp, dan Alpha UPS.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved