BI Sumbang Rp101,4 Miliar Untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

Bank Indonesia

Bank Indonesia (BI) melaksanakan “Gerakan BI Peduli COVID-19” sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat terdampak Covid-19 dan dukungan dalam penanganan pandemi Covid-19.

Perry Warjiyo, Gubernur BI, mengatakan, gerakan tersebut dilaksanakan antara lain melalui inisiatif pegawai BI yang menyisihkan sejumlah tertentu dari Tunjangan Hari Raya (THR) Lebaran dan gaji selama 6 bulan, terhitung sejak Mei hingga Oktober 2020. Kontribusi ini diikuti oleh seluruh Anggota Dewan Gubernur dan pegawai kecuali pegawai level Staf ke bawah. Pengelolaan dan penyaluran dana ini seluruhnya akan dilaksanakan oleh Ikatan Pegawai Bank Indonesia (IPEBI).
“Kami sudah menyalurkan ke Satgas Nasional, rumah sakit, paket bantuan kepada masyarakat. Baik melalui kantor pusat mauapuan kantor-kantor cabang. Selama 6 bulan ke depan mudah-mudahan kami bisa memobilisasi seluruhnya,” ujar Perry.

Gerakan BI Peduli Covid-19 ini secara keseluruhan diperkirakan akan menghimpun dana sejumlah Rp101,4 miliar yang akan disalurkan melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, rumah sakit, dan masyarakat. Adapun rinciannya, dari program sosial BI sebesar Rp77,8 miliar, dari mobilisasi gaji, THR Dewan Gubernur dan Pimpinan serta karyawan sebesar Rp20,6 miliar, dari Ikatan Pegawai BI Rp1,3 miliar, dan sumbangan BI Relig iRp 1,7 miliar.

Pada pembagiannya, untuk Gugus Tugas Nasioanal sebanyak Rp 13,8 miliar. Untuk rumah sakit baik di Jakarta dan sekitarnya maupun wilayah di berbagai daerah Indonesia sebesar Rp 24,3 miliar. Selain itu kepada masyarakat ekonomi kurang mampu dan yang terdampak Covid-19 sebesar Rp 52,1 miliar. Lalu untuk para pegawai honorer BI dan golongan bawah lainnya sebesar Rp 11,2 miliar.

“Sebetulnya kami tidak ingin mengumumkan ini karena khawatir dianggap riya atau sombong. Namun karena banyak pertanyaan dari rekan-rekan dan agar ada transparansi maka kami umumkan,” ujar Perry.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)