The Big Start Indonesia ke-2 Mencari Creativepreneur Indonesia

Di era disruptif ini, para pelaku usaha kreatif atau biasa disebut creativepreneur dituntut untuk memasarkan usahanya dengan pendekatan yang berbeda ke pasar. Untuk itu, Blibli.com sebagai salah satu e-commerce (B2C) terbesar di Indonesia, melihat peluang bisnis dengan kembali menggelar program “The Big Start Indonesia” (TBS). Tujuannya, memacu para creativepreneur, khususnya generasi muda asal Indonesia agar dapat terus menelurkan inovasi produk, mengasah kreativitas, hingga menambah banyak pengalaman menarik dalam menjalankan digital platform yang berguna untuk kemajuan bisnisnya.

“Dukungan Blibli.com untuk para creativepreneur bukan hanya ucapan komitmen, tapi benar-benar diwujudkan dalam sebuah tindakan memajukan industri kreatif di Indonesia. Juga, memberikan ruang untuk memberdayakan industri kecil menengah lokal asli Indonesia agar usahanya semakin meningkat dan dapat memaksimalkan platform digital yang kian marak untuk menunjang pengembangan usahanya,” ujar Kusumo Martanto, CEO Blibli.com.

Menurut Kusumo, roadshow The Big Start Indonesia akan digelar di Yogyakarta, Bandung dan Bali. Yogyakarta dipilihan karena sejak lama telah dikenal sebagai kota budaya, tempat akar budaya Jawa lahir sejak ratusan tahun silam. Perkembangan teknologi yang kian cepat juga ikut memengaruhi kreativitas para anak muda di Kota Pelajar itu. Pesatnya perdagangan online yang dirintis oleh para creativepreneur Yogyakarta ikut mendorong tumbuhnya kota ini menjadi salah satu sentra kreatif di Indonesia.

Saat ini para pelaku industri kecil menengah di Indonesia sebanyak 90% yang belum seluruhnya menjalankan usahanya dengan menggunakan platform digital. Namun, dengan peningkatan pengguna dengan medium digital terus meningkat seiring peningkatan tren kenaikan jumlah pengguna internet dan media sosial, terutama di kalangan generasi millenial.

“Program TBS bukan saja tentang cara menjual yang baik, di sini juga ada banyak pengetahuan yang bisa didapatkan oleh para pelaku usaha kreatif agar bisnisnya dapat bertahan di tengah maraknya perkembangan platform digital,” jelas Lay Ridwan Gautama, Senior Vice President of Trade Partnership Blibli.com, menambahkan.

Tahun lalu para pemenang TBS seperti Arlin Chondro (Founder Peek.Me Naturals), Dhamar Perbangkara (Founder Gauri Art Division) dan Rowland Asfales (Founder PijakBumi) telah merasakan ketatnya proses karantina dan juga telah melewati banyak sesi workshop yang diberikan oleh para praktisi industri kreatif selama proses penjurian hingga akhirnya dinobatkan sebagai pemenang.

Arlin Chondro, pemenang pertama TBS 2016, mengatakan, “Dengan mengikuti program TBS, bagi saya bukan hanya memenangkan hadiahnya. Namun, yang lebih penting adalah bagaimana kompetisi ini telah mengubah pandangan saya tentang dunia e-commere yang sebenarnya. Bagaimana berdagang lewat platform digital dibutuhkan tidak hanya sebuah produk yang bagus, tapi juga bisa mengatur finansial, mengerti aturan – aturan legal, memahami konsumen dan melindungi kekayaan intelektual dari produk saya, yakni Peek.Me Naturals.”

Tercatat tahun 2016, program TBS telah berhasil menjaring sekitar 15.000 peserta dan mendapatkan 260 juta viewers melalui Facebook dan 12 juta viewers melalui Youtube dalam jangka waktu 3 bulan, yaitu selama program tersebut berlangsung.

Di periode tahun ke-2, TBS 2017 bukan cuma kompetisi, tapi juga mengajak para peserta membuka peluang bisnis serta memperluas jaringan serta tentunya pengalaman dalam berwirausaha yang tidak didapatkan di tempat lain.

Para juri yang akan menilai kualitas para peserta pada tahun ini antara lain ada Daniel Mananta (CEO DAMN! I Love Indonesia) dan Renitasari Adrian (Program Director Djarum Bakti Budaya) dan sejumlah pakar yang telah dikenal di industri startup.

Selain itu, sederet partner yang telah dikenal dalam dunia industri kreatif seperti Podomoro University, Djarum Foundation, Google, dan Facebook juga ikut mendukung gelaran akbar di bidang start-p ini.

The Big Start Indonesia mengadakan roadshow ke kota-kota besar seperti Yogayakarta di Jogja City Mall pada tanggal 4-6 Agustus 2017, disusul Beachwalk Shopping Center Bali pada 11-13 Agustus 2017, Paskal 23 Shopping Center Bandung pada tanggal 18-20 Agustus 2017 dan Central Park Mall Jakarta pada 25-27 Agustus 2017. Selama 3 hari para creativepreneur dapat mengunjungi booth para pelaku industri kreatif yang menginspirasi, termasuk mendaftar secara online untuk mengikuti TBS 2017. Kegiatan workshop juga menambah semarak kegiatan di booth dimana para creativepreneur dapat mencuri ilmu dari perwakilan partner industri kreatif lokal serta menambah wawasan mengenai industri e-commerce yang sedang berkembang saat ini hingga pengelolaan keuangan.

Peserta yang telah mendaftar akan diseleksi menjadi 100 creativepreneur terbaik, kemudian akan dipilih 20 finalis untuk melewati masa karantina dan akhirnya akan ada tiga peserta terbaik saat penghargaan Grand Final TBS berlangsung di Jakarta pada November 2017.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)