Trends

BlibliMart Perkuat Posisinya di Pasar Online Groceries Jawa Timur

BlibliMart Perkuat Posisinya di Pasar Online Groceries Jawa Timur

BlibliMart, kategori groceries di mal lokal Blibli, memperkuat dukungannya terhadap pasar ritel Jawa Timur dengan menghadirkan berbagai fitur, solusi, dan inisiatif untuk memperlancar aktifitas konsumsi dengan memudahkan seller dan pelanggan Jawa Timur melakukan aktifitas ritel secara online.

Berdasarkan data BPS Jawa Timur, pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur Triwulan II – 2020 menurun hingga -5,9%, sedangkan konsumsi rumah tangga Jatim turun -4.79%. Jawa Timur merupakan pasar terbesar bagi BlibliMart di luar Jabodetabek. Perpaduan usaha Blibli dan kondisi pandemi mengakselerasi adopsi teknologi digital oleh pelaku pasar Jawa Timur. Jumlah seller meningkat 2,5 kali di semester pertama 2020 jika dibandingkan periode sama di tahun sebelumnya.

“BlibliMart menyediakan solusi bagi seller, termasuk UMKM Jawa Timur, untuk bisa terus melanjutkan usaha di tengah pandemi. Sebagai salah satu industri yang masih dapat terus beroperasi di tengah berbagai pembatasan, Blibli secara konsisten menghadirkan kesempatan pasar bagi seller dengan membuka akses ke pelanggan di seluruh Indonesia.” kata Tatum Ona Kembara, VP Business GrowthBlibliMart Category Blibli.

Mendukung kampanye Bangga Buatan Indonesia melalui inisiatif perusahaan #KarenaLokalNo1, yang fokus mendorong para pelaku UMKM untuk berjualan secara online, Blibli membantu para pelaku UMKM berjualan di platform selama pandemi dengan mempercepat prosess pendaftaran, meniadakan komisi serta deposito untuk seller baru di BlibliMart, menyediakan modal untuk melakukan pemasaran digital, dan memberikan pelatihan kewirausahaan digital.

“Keberlanjutan bisnis ritel, khususnya UMKM, sangat kritis bagi percepatan pemulihan ekonomi mengingat besarnya kontribusi UMKM baik bagi ekonomi tingkat daerah, dan juga ekonomi tingkat nasional,” tambah Tatum.

Blibli menyediakan layanan Fulfillment by Blibli (FBB) untuk seller, di mana Blibli menangani keseluruhan proses logistik, mulai dari warehousing hingga pengiriman, untuk mengurangi biaya yang dikeluarkan seller apabila mereka harus menangani logistik sendiri. FBB didukung oleh armada kurir BES serta kehadiran satu warehouse dan dua hub milik Blibli di Sidoarjo dan Sukomannunggal. Secara total, Blibli menjalankan 20 warehouse dan 32 hub yang tersebar di 15 kota besar di Indonesia.

Sejalan dengan pertumbuhan seller, jumlah order pada BlibliMart di Jawa Timur menurut Tatum meningkat 2 kali di semester pertama 2020 dengan berbelanja di kelompok produk Keperluan Bayi & Anak, Makanan Instan, dan Sembako. Untuk menghadirkan pengalaman berbelanja yang menyeluruh bagi pelanggan, Blibli menawarkan berbagai opsi pengiriman, termasuk free delivery dan pengiriman cepat, seperti scheduled delivery, same day delivery, dan instant delivery. Blibli juga menyediakan opsi pembayaran dengan 10 metode pembayaran bersama 38 mitra pembayaran, termasuk paylater, layanan keuangan berbasis kredit dari Blibli.

Sejalan dengan strategi bisnis perusahaan, yaitu “Customer Satisfaction First”, Blibli juga menghadirkan fasilitas dan pelayanan gratis ongkir, 100% produk dengan kualitas terdepan, 15 hari retur, pengiriman cepat, dan dukungan layanan 24/7 customer care.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved