Financial Report Capital Market & Investment Trends

Bukalapak Fokus pada Specialized Platforms

Bukalapak Fokus pada Specialized Platforms

Hingga Kuartal I/2022, PT Bukalapak.com telah mendukung lebih dari 13,1 juta UMKM dan 6,8 juta pelapak online. Emiten ini juga telah memperluas jangkauan kepada mitra, pelapak online, dan pelanggan dengan menyediakan solusi yang berfokus pada pengembangan specialized platforms atau platform-platform yang diperuntukkan untuk memenuhi kebutuhan tertentu, yaitu marketplace, online-to-offline (O2O), solusi pelapak, serta platform keuangan.

Terkait perkembangan terkini atas bisnis perseroan dan entitas anak, Bukalapak membagikan informasi seputar kolaborasinya dengan Allo Bank untuk menyediakan layanan perbankan digital yang aman dan terpercaya sesuai dengan kebutuhan mitra, pelapak online dan pelanggan. Di segmen grocery, Bukalapak memperkuat penawarannya untuk mitra dan pelanggan melalui AlloFresh. Kerja sama ini memperkuat kehadiran Bukalapak secara offline dalam memperluas touch points sekaligus menawarkan variasi produk yang lebih beragam.

Untuk kinerja Kuartal I/2022, Bukalapak mengalami penguatan dengan pertumbuhan Total Processing Value (TPV) dan pendapatan yang kuat. TPV tumbuh 25% dan pendapatan melonjak 86% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Melalui Mitra Bukalapak, perseroan terus memberdayakan dan mendorong digitalisasi warung di seluruh Indonesia.

Mitra Bukalapak merupakan penggerak utama pertumbuhan perusahaa yang mana TPV Mitra pada Kuartal I/2022 tumbuh 78%. Sementara itu, pendapatan Mitra meningkat 227%.

“Fokus kami saat ini adalah membawa bisnis Bukalapak ke arah profitability. Untuk itu, kami terus berupaya menumbuhkan pendapatan. Salah satunya dengan melengkapi infrastruktur-infrastruktur yang dibutuhkan oleh core business,” jelas Teddy Oetomo, Direktur Bukalapak dalam public expose virtual (29/6/2022).

Karena itulah Bukalapak melakukan partnership dengan mereka yang merupakan expert. Ke depannya, perihal investasi secara umum, kas perusahaan yang disadari cukup besar harus dipergunakan secara efisien dan bijak sehingga dapat terus menunjang kebutuhan bisnis utama kami dan membawa EBITDA yang disesuaikan ke arah yang positif.

Berpegang teguh pada tujuan awal untuk memberdayakan UMKM, kini Bukalapak sudah melayani lebih dari 110 juta pengguna serta lebih dari 20 juta UMKM di Indonesia. Sebagai perusahaan teknologi Indonesia pertama yang terdaftar di bursa, fokusnya adalah menggunakan teknologi untuk mendukung kebutuhan gaya hidup digital saat ini bagi para UMKM serta masyarakat melalui berbagai vertikal, dari marketplace, finance dan fintech, offline to online, merchant solutions, hingga pengadaan.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved