Bupati Tabanan Dukung Perempuan Melek Teknologi

Untuk memperingati Hari Kartini dan memasuki Industri 4.0, Bupati Tabanan-Bali, Ni Putu Eka Wiryastuti, jadi pembicara acara Kartini 4.0 Indosat Ooredoo di Gedung Indosat Ooredoo, Jakarta (22/4/2019). Dengan tema “Peran perempuan dalam teknologi serta semangat entrepreneurship perempuan Indosat Ooredoo di Industri 4.0” Bupati Eka memberikan inspirasi kepada para perempuan untuk siap menghadapi era digital.

Eka mengungkapkan, sebagai perempuan Indonesia kita tidak boleh gagap teknologi. Namun, sebaliknya harus bisa memanfaatkan teknologi dan cerdas menggunakannya untuk melakukan hal yang positif tentu untuk memajukan bangsa dan negara.

Memasuki industri 4.0 Bupati Tabanan akan melakukan gebrakan baru pada sistem pemeritahan di Tabanan. “Pertama kami akan melakukan di sistem kebijakan pemerintahan terlebih dahulu, dengan membuat sistem e-goverment seperti e-planning, e-budgeting, command center yang nantinya kita harapkan bersinergi dengan smart city karena kami ingin membangun smart city”, jelas Bupati Eka.

“Selanjutnya, untuk UMKM di Tabanan yang 75% digerakan oleh kaum perempuan harus bisa melihat bagaimana untuk mengakses pasar tidak hanya pasar lokal melainkan bisa mempromosikannya dengan teknologi, mengemasnya dengan baik namun tidak meninggalkan kualitas dari produk itu sendiri, kemudian produk juga harus unik, jika ingin dikenal maka harus ciptakan sesuatu yang berbeda ditambah ojek online sudah masuk Tabanan sehingga perempuan harus bisa menjemput bola atau melihat peluang tersebut”, tambahnya.

Pemkab Tabanan juga juga telah melakukan pelatihan untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Tabanan agar bisa berbisnis di era digital, “Kami telah mengadakan pembinaa untuk 75 UMKM di Tabanan dan mengajar mereka untuk melakukan bisnis melalui teknologi digital. Selain itu, kerjasama pemerintah juga sangat diperlukan untuk menghadapi era digital terutama agar bijaksana dalam menggunakan teknologi, sehingga teknologi menjadi lebih terfilter dan aman,” dia memaparkan.

Eka berharap, masuknya industri era digital seperti kita ketahui sudah banyak UMKM yang menggunakan teknologi digital. Sehingga, pada gilirannya akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Dan di era modernisasi ini, seharusnya perempuan tetap mengedepannya kodrat yakni dengan kelebihan multitasking. Namun, kita harus mengetahui mana yang lebih prioritas dan lebih penting harus diutamakan, sehingga bisa menjadi perempuan yang maju bermanfaat untuk lingkungan dan keluarga.

Sementara itu, Group Head Corporate Communication Indonesat Ooredo, Turina Faraouk, mengatakan, Kartini masa kini wajib memiliki empat sifat. "Peran wanita di politik Indonesia masih minim, karena masih didominasi oleh pria. Meskipun, minoritas, Bupati Eka tetap bisa berprestasi di berbagai sektor dan mengalahkan Kepala Daerah pria yang sudah biasa mendominasi politik. Sangat sesuai dengan semangat kartini yang selama ini kita kenal dalam kesetaraan gender. Selain itu, Kartini 4.0 di era digital saat ini harus mempunyai empat karakter yaitu smart, innovative, fearless dan empathic. “Saya melihat empat karakter tesebut ada dalam diri ibu Eka. Kepala daerah wanita berprestasi memang banyak namun yang berkarakter kuat dan mendukung peran wanita di era industri 4.0 masih sedikit", ujar Turina.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)