Business Research

AS Louken Siap Bantu Ritel Indonesia Go International

Oleh Admin
AS Louken Siap Bantu Ritel Indonesia Go International

Bisnis ritel di Indonesia dipandang telah bertumbuh dengan baik. Karena itu, di tengah era globalisasi, perusahaan ritel nasional pun diharapkan tidak hanya unggul di pasar domestik, tetapi juga di luar negeri.

“Indonesia memiliki potensi dan pertumbuhan usaha ritel yang luar biasa. Oleh karenanya, bisnis ritel di Indonesia diharapkan tidak hanya dapat unggul di pasar lokal namun juga dapat unggul di pasar global,” sebut Danny Anthonius, Country Manager AS Louken Indonesia, di Jakarta, Senin (25/3/2013).

carrefour indo, bisnis ritel

ilustrasi perusahaan ritel

Danny menyebutkan, Indonesia mempunyai sejumlah produk unggulan, mulai dari pakaian, makanan, hingga pendidikan. Produk-produk tersebut terjual dengan laris di pasar domestik. Sayangnya, lanjut dia, masih sedikit merek lokal yang berhasil ketika dibawa ke luar negeri.

Untuk itu, sebagai salah satu solusi, seminar dengan tema “Retail Trends 2013: Learning to Apply Cutting Edge Retail Trends,” pun diadakan. Tujuan diadakannya seminar adalah untuk membantu para pemain bisnis ritel di Tanah Air jeli menangkap keinginan para konsumennya. Peserta seminar juga diperkenalkan dengan tren inovasi bisnis ritel di seluruh dunia, termasuk strategi untuk bisa sukses di pasar internasional. “Apa yang dilakukan AS Louken ini adalah merupakan komitmennya untuk mendukung pengusaha ritel di Indonesia,” terang Danny.

Indonesia pun diharapkan bisa melihat Singapura yang berhasil menghasilkan merek-merek ritel yang bisa merambah secara sukses di negara lain. “Coba bandingkan dengan Singapura. Berbagai retail brands asal negara tersebut sukses dan eksis di pasar global. Sebut saja mulai dari BreadTalk, hingga Charles & Keith,” tambah Luke Lim, CEO AS Louken dari Singapura. Padahal, Luke menyebutkan, banyak dari perusahaan ritel yang telah berkiprah di pasar internasional itu tadinya merupakan usaha kecil dan menengah.

Karena itu, AS Louken pun menargetkan akan membantu sejumlah usaha ritel asal Indonesia untuk mendunia. Danny beralasan, bisnis ritel nasional punya potensi yang besar untuk beroperasi di luar Indonesia. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved