Business Research

BNI Diteguhkan AsiaMoney Terbaik dalam Cash Management

BNI Diteguhkan AsiaMoney Terbaik dalam Cash Management

Survei yang dilakukan AsiaMoney kembali memberikan penghargaan kepada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) sebagai bank yang dapat memberikan layanan Cash Management terbaik di Indonesia. Pengakuan ini memosisikan BNI sebagai bank terbaik di Indonesia dalam memberikan layanan cash management yang fokus pada efisiensi maksimal di tengah kondisi perekonomian yang penuh tantangan.

Perusahaan besar dan sedang di Indonesia yang berkesempatan mengikuti survei AsiaMoney tersebut menilai BNI sebagai bank penyedia layanan Cash Management yang mampu menyediakan produk pengelolaan uang paling efisien. Efisiensi menjadi indikator penting bagi pelaku usaha di Indonesia dalam mengelola keuangannya sebagai upaya untuk memenangkan kompetisi dan bertahan dari kondisi perekonomian yang dinamis.

Melalui hasil survei AsiaMoney tersebut, BNI berhak mempertahankan gelar sebagai bank dengan layanan Best Local Cash Management Bank in Indonesia as voted by Large Corporates, Best Local Cash Management Bank in Indonesia as voted by Medium Corporates dan 2nd Best Local Cash Management Bank in Indonesia as voted by Small Companies BNI mempertahankan penghargaan ini sejak tahun 2010. Penghargaan ini diserahkan kepada Wakil Direktur Utama BNI, Suprajarto di Hong Kong, Rabu (21/9/2016).

Menurut Suprajarto, para pelaku usaha di Indonesia semakin menyadari bahwa kondisi perekonomian dapat bergerak cepat atau melambat. Kondisi perekonomian yang dinamis tersebut perlu disikapi dengan menekan biaya di berbagai aspek yang memungkinkan, salah satunya adalah melalui penggunaan produk-produk Cash Management yang memberikan efisiensi biaya paling maksimal.

BNI menilai setiap klien menghadapi tantangan berbeda-beda, dimana perusahaan kecil sangat membutuhkan efisiensi pada operasionalnya, meningkatkan imbal hasil usahanya, dan memaksimalkan penggunaan uang tunai dan modal kerja mereka. Sementara bagi perusahaan medium dan besar cenderung berusaha mengelola jaringan pendukung usahanya, terutama dari para pemasoknya. Penghargaan untuk BNI sebagai Best Local Cash Management Bank in Indonesia tahun 2016 ini tidak terlepas dari kemampuan BNI dalam memberikan produk Cash Management yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap kliennya yang berbeda-beda.

Dengan penghargaan tersebut, BNI semakin percaya diri untuk memperkuat layanan Cash Management tersebut demi peningkatan layanan pada nasabah. Sebagai informasi, hingga 31 Agustus 2016, rekening giro institusi yang dikelola BNI mencapai saldo Rp 90 triliun atau naik 7 persen di atas perolehan pada periode yang sama tahun 2015.

Kepercayaan terhadap layanan Cash Management BNI juga semakin meningkat dengan tumbuhnya jumlah rekening nasabah pengguna fasilitas itu. Per 31 Agustus 2016, jumlah rekening institusi yang mempercayakan dananya dalam layanan Cash Management BNI mencapai 243 ribu rekening, atau meningkat 15 persen dibandingkan jumlah per 31 Agustus 2015, yang mencapai 211 ribu rekening perusahaan/ institusi.

BNI diunggulkan dalam layanan Cash Management karena terus meragamkan fitur-fitur unggulannya. Fitur layanan Cash Management BNI antara lain BNIDirect (Internet Banking), Solusi Pembayaran yang terintegrasi (Integrated Payment Solution), Virtual Account, Corporate Billing, Account Pooling, dan Supply Chain Management, serta BNI e-Tax yang menjadi salah satu unggulan yang paling diminati nasabah dimana memberikan kemudahan, kecepatan proses, dan pengendalian terhadap pembayaran pajak, dan saat ini telah dikembangkan lebih lanjut dengan pembayaran pajak MPN Generasi 2.

Metodologi survei

Asia Money menyelenggarakan survei khusus untuk menggali informasi terkait industri layanan Cash Management terkini. Survei ini melibatkan 1.493 lembaga keuangan dan 9.854 responden yang dianggap valid dari 9.028 perusahaan, sehingga menjadi yang terbesar dilakukan oleh sebuah majalah di kawasan Asia Pasific. Survei ini sendiri dilakukan dengan menggali pendapat responden dan bukan menilai institusi perbankan secara tidak langsung melalui pemberitaan media massa.

Survei ini ditekankan pada penggalian persepsi nasabah tentang bank yang dinilai memberikan layanan Cash Management paling membantu, memiliki sistem yang unggul dimana tergambar dalam pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam survey tersebut, diantaranya mengenai inovasi yang dilakukan oleh bank, solusi yang terbaik dan unggul dan termasuk layanan purna jual atau after sales services.

Sigi ini antara lain melibatkan 800 nasabah BNI yang memiliki rekening di lebih dari satu bank nasional. Berikutnya, AsiaMoney memilih secara acak sebagian dari 800 nasabah tersebut tanpa sepengetahuan BNI sendiri. Metodologi survei seperti itu membuat hasilnya fair dan murni , karena bank yang akan dinilai, tidak ikut dilibatkan.

Respons nasabah dalam memberikan survei tersebut meningkat. Di Indonesia sendiri terdapat 800 perusahaan yang memberikan kontribusi dalam survey ini. Dari hasil survey terungkap faktor-faktor yang menjadi pertimbangan utama para nasabah untuk memilih bank yang mengelola dananya dalam layanan Cash Management.

Lima faktor utama yang menjadi pertimbangan nasabah lembaga keuangan adalah (1) keunggulan dari kemampuan melakukan integrasi dengan sistem akuntansi perusahaan, (2) solusi yang inovatif, (3) kualitas layanan nasabah, (4) biaya yang kompetitif, (5) keamanan, efisiensi transfer dana, dan sistem penanganan situasi darurat. Atas pertimbangan inilah BNI diunggulkan dalam layanan Cash Management.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved