Business Research

Facebook Rumah Cantik Citra & Lazada Paling Aktif

Facebook Rumah Cantik Citra & Lazada Paling Aktif

Pada pertengahan Maret ini, firma riset media sosial Sotrender dan Joy Intermedia merilis laporan edisi keenam tren Facebook Fanpage dan Twitter di Indonesia untuk Februari 2015. Laporan tersebut berisi data jangkauan, keterlibatan dan konten untuk 9 industri yang berbeda di Indonesia.

“Lazada Indonesia bisa bersaing dengan banyak merek asal Indonesia sepanjang Februari, termasuk kompetitornya, OLX dari segi engagement rate,” kata Wisnu Setioko, Social Media Ensign di Lazada Indonesia.

Lazada Indonesia ada di tempat kedua di kategori laman Facebook paling aktif (the most engaging) dengan persentasi engage users 39%. Rumah Cantik Citra ada di posisi puncak dengan persentase 107%. Disusul, Blackberry, Garnier Indonesia, dan Samsung Mobile Indonesia.

“Meski begitu, OLX lebih tinggi dari Lazada dari segi jumlah Likes. Di kategori E-Commerce, Lazada ada di tempat kedua dari segi engaged users. Tapi, perseroan tak masuk 10 besar untuk layanan pelanggan,” katanya.

Tren Media Sosial

Tren Media Sosial

Rumah Cantik Citra menjadi pendatang baru di tren Fanpage. Laman ini mampu mengikat lebih dari 2 juta orang selama 28 hari. Samsung turun ke peringkat lima dari segi keterikatan (engagement). “Dari sisi layanan pelanggan, Telkomsel masih juaranya,” ujarnya.

Untuk tren Twitter, lanjut dia, Lazada Indonesia ada di peringkat empat di bawah Kaskus yang memiliki 2 juta follower. Namun, pertumbuhannya jauh lebih baik dari komunitas tersebut dibanding bulan sebelumnya. Kaskus masih mendominasi dari segi engagement dan jumlah pengikut. “Yang mengejutkan, Bhinneka sukses meraih tempat pertama di sisi user’s engagement,” katanya.

Di industri otomotif, @welovehonda duduk di tangga ketiga, sementara pesaingnya @yamahaindonesia ada di bawahnya. “Mungkin itu karena @welovehonda menggunakan twitter ads untuk meningkatkan jumlah fans. Mereka juga mengundang (Marc) Marquez dan (Dani) Pedrosa di kegiatan terakhirnya. Keduanya paling berpengaruh lewat aksi-aksinya di trek balapan motogp bersama Honda,” kata Puti Bunga Hadian Firda, Social Media Specialist di Nadyne Media Tama.

Kaskus masih menjadi akun twitter terbesar dengan 2,1 juga followernya. Disusul XL Axiata dengan 1 juta follower, Samsung Indonesia (868 ribu), Starbucks Indonesia (719 ribu), dan Telkomsel (603 ribu) di lima besar. Meski begitu, hanya Samsung Indonesia yang ada di peringkat ketiga di jajaran akun teraktif. Posisi pertama ditempati Smartfren, disusul Indosat di tangga kedua, Telkomsel di peringkat empat, dan Honda di posisi kelima.

Dari data yang dirilis Sotrender dan Joy Intermedia, Bhinneka paling banyak di-mentioned di Twitter. Disusul, KFC Jagonya Ayam, Telkomsel, Yamaha Indonesia, dan BOLT! Super4G LTE di lima besar.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved