Jasa Marga Raih SRI-Kehati Award 2016, Ini Rahasianya

PT Jasa Marga (Persero) Tbk meraih SRI-Kehati Award 2016. Ini adalah penghargaan yang diberikan oleh Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (Kehati) kepada tiga perusahaan publik di Indonesia yang dinilai paling ramah lingkungan.

Berdasarkan pilihan Dewan Juri Indonesia Green Companies Award 2016, ketiga emiten itu adalah PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, Jasa Marga, dan PT Unilever Indonesia Tbk. Selaku pengelola jalan tol, Jasa Marga punya program penghutanan jalan tol, yakni penanaman pohon yang dilakukan secara berkesinambungan di seluruh jalan tol yang dikelolanya.

Tujuannya, selain membantu menyerap gas buang kendaraan, juga memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan tol. Sudah lebih dari 320 ribu pohon ditanam oleh BUMN ini di areal tanah seluas 113 ha di wilayah jalan tol. Selain itu, Jasa Marga juga punya program penerangan lampu jalan tol dengan menggunakan panel surya.

Jasa Marga-jalan tol

“Memang terlihat kecil dibanding efek penghijauan di sepanjang jalan tol, tapi tentunya kami berharap program tersebut makin gencar dilaksanakan,” ujar Mohammad Wais Fansuri, Investment Specialist Yayasan Kehati.

Pada tahun ini, Jasa Marga menargetkan pengoperasian tiga ruas jalan tol, yakni Semarang-Solo seksi 3 (Bawean-Salatiga) sepanjang 17,50 kilometer (km), Solo-Sragen (Kartosuro-Sragen) sepanjang 35,5 km, dan Surabaya-Mojokerto seksi 4 (Krian-Mojokerto) sekitar 18,5 km.

Jasa Marga turut membangun beberapa proyek baru untuk meningkatkan konektivitas nasional serta mendukung visi pemerintah dalam membangun 1000 km jalan tol baru di Indonesia, dengan mengikuti tender pada jalan tol Balikpapan-Samarinda, Manado-Batang, serta memprakarsai Jakarta-Cikampek 2 sisi selatan dan Jakarta-Cikampek Elevated. (Reportase: Aulia Dhetira)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)