KADIN-Roy Morgan: Keyakinan Konsumen Turun Bulan April ke Angka 139.6

Kini 50% orang Indonesia (turun 3 poin) menyatakan “sekarang adalah waktu yang baik” untuk membeli peralatan rumah tangga utama (terendah sejak Juli 2011), dibandingkan 44% (naik 1 poin) yang menyatakan “sekarang waktu yang buruk untuk membeli’ peralatan rumah tangga utama.

Mengenai kondisi ekonomi, kini 73% masyarakat Indonesia (turun 2 poin) mengatakan bahwa Indonesia akan mengalami ‘masa yang baik’ secara finansial selama jangka waktu 12 bulan ke depan (angka terendah selama lebih dari 2 tahun, sejak Januari-Maret 2010) dibandingkan 26% (naik 1 poin) yang mengatakan akan mengalami ‘masa yang buruk’ secara finansial.

Walaupun menurun, namun tetap sebagian besar orang Indonesia, yaitu 84% (turun 3 poin) memperkirakan bahwa perekonomian Indonesia akan mengalami ‘masa yang baik’ selama lima tahun ke depan, dibandingkan 15% (naik 2 poin) mengatakan perekonomian akan mengalami ‘masa buruk’.

Kini 59% masyarakat (turun 1 poin) memperkirakan bahwa kondisi keuangan keluarga akan ‘lebih baik’ di waktu yang sama tahun depan, dibandingkan hanya 4% (turun 1 poin) yang menyatakan bahwa akan ‘lebih buruk’.

Dalam hal keuangan pribadi, 37% (turun 3 poin) masyarakat Indonesia mengatakan bahwa kondisi keuangan keluarga mereka ‘lebih baik’ dibandingkan setahun yang lalu, sedangkan 16% (turun 1 poin) mengatakan kondisi keuangan keluarga mereka ‘lebih buruk’ dibandingkan setahun yang lalu.

Suryo B Sulisto, Chairman KADIN, menjelaskan, penurunan keyakinan konsumen yang sedikit ini merefleksikan beragam pendapat dari berbagai kalangan dalam masyarakat yang saling menarik ke arah yang berbeda-beda. Tidak ada peristiwa yang negatif pada bulan April di pasar domestik yang dapat menimbulkan kekhawatiran. Namun setiap hari adanya berita di media mengenai tragedi Yunani membuat beberapa kalangan dari ekonomi konsumen agak cemas. Situasi yang bergejolak akan tetap ada untuk waktu yang agak lama. “Walaupun demikian, tingkat keyakinan konsumen Indonesia tetap berada pada tingkat luar biasa. Ini adalah konfirmasi bahwa keadaan konsumen Indonesia dalam keadaan cerah, meskipun secara global keadaan suram,” dia menegaskan.

Sementara itu, hasil survei Roy Morgan melaporkan, tingkat keyakinan konsumen yang dilaporkan setiap bulan, didasarkan pada wawancara tatap-muka dengan 2004 responden, di seluruh Indonesia bukan hanya di kota besar. Survei ini dilakukan di 21 kota besar, 22 kota kecil dan desa di sekitarnya, yang secara statistik mewakili seluruh Indonesia. Laki-laki dan perempuan umur 14 tahun ke atas dipilih secara random selama bulan April 2012.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)