Masyarakat Tetap Semangat Beribadah dan Berbagi Saat Ramadan

Ramadan tahun ini hadir dengan kondisi yang berbeda. Pemerintah terus mengingatkan masyarakat tetap berada di rumah demi memutus rantai penyebaran pandemi. Namun, Tokopedia melihat bahwa pandemi ternyata tidak menyurutkan semangat masyarakat dalam beribadah dan berbagi kebaikan dari rumah, terutama selama bulan Ramadan.

Data internal Tokopedia mengungkapkan, bahwa semakin banyak masyarakat yang bergerak untuk berbagi kebaikan selama bulan Ramadan walau di tengah pandemi. Pertama pembayaran zakat maal dan fitrah. Animo masyarakat dalam membayar zakat fitrah dan zakat maal tercatat meningkat signifikan. Hal ini terlihat dari performa fitur zakat maal yang meningkat menjadi 3 kali lipat selama periode Ramadan tahun ini dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Melihat antusiasme yang begitu tinggi, Tokopedia menghadirkan sejumlah inisiatif baru untuk mendorong lebih banyak masyarakat berbagi kebaikan. Pengguna kini dipermudah dalam menghitung baik jumlah zakat fitrah maupun zakat maal yang harus dibayarkan secara langsung di Tokopedia sehingga tidak perlu lagi menghitung secara terpisah," ujar Head of Tokopedia Salam, Garri Juanda.

Setelah melakukan pembayaran zakat, pengguna bisa mendapatkan bukti setoran pajak secara digital yang bisa digunakan sebagai syarat untuk mendapatkan potongan pajak penghasilan.

Kedua, donasi. Melalui fitur ‘Bantu Pejuang Covid-19’, Tokopedia berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp7,3 miliar untuk membantu menyalurkan alat pelindung diri (APD) dan peralatan medis lainnya ke 131 rumah sakit dan institusi kesehatan di berbagai wilayah di Indonesia.

Selama bulan Ramadan, antusiasme masyarakat dalam menggunakan fitur Al-Qur’an digital juga tercatat mengalami peningkatan yang signifikan. Kunjungan pada fitur Al-Qur’an digital, mengalami kenaikan menjadi lebih dari 3 kali lipat selama periode Ramadan jika dibandingkan dengan periode sebelumnya. Selain itu, masyarakat cenderung meluangkan waktu untuk membaca Al-Qur’an digital pada waktu subuh, zuhur dan magrib.

"Kami juga menambahkan fitur Jadwal Sholat pada ekosistem Tokopedia Salam yang mempermudah masyarakat melihat jadwal sholat sekaligus puasa Ramadan ini," tambah Garri.

Berkolaborasi bersama Human Initiative, kini Tokopedia juga memungkinkan masyarakat dapat berperan sebagai kakak atau orang tua asuh melalui program Kakak dan Orang Tua Asuh (KOTA). Program ini bertujuan menyediakan dana bantuan secara rutin kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Masyarakat juga dapat mengirim kartu hadiah digital bertema Ramadan kepada teman dan keluarga melalui Tokopedia Gift Card. Penerima dapat menggunakan kartu hadiah dengan nominal tertentu untuk membeli aneka produk yang diinginkan," lanjutnya.

Ke depan, Tokopedia akan meluncurkan fitur Fidyah untuk mempermudah masyarakat yang memiliki kewajiban membayar fidyah atas sejumlah hari puasa tertinggal dan tidak dapat digantikan di lain waktu. Fitur Kotak Klenceng juga akan menjadi fitur yang akan segera diluncurkan demi membantu masyarakat menunaikan infaq untuk pembangunan masjid atau bantuan anak yatim.

“Tokopedia Salam merupakan solusi dari hulu ke hilir, mulai dari ketersediaan produk dan layanan, hingga pembayaran, bagi masyarakat yang memiliki kebutuhan akan produk dan layanan yang baik. Melalui sederet inisiatif ini, kami terus berkomitmen mendorong pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia secara digital,” tutur Garri.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)