Business Research Trends

Media Sosial Pengaruhi 80% Keputusan Membeli

Media Sosial Pengaruhi 80% Keputusan Membeli

Para pemegang merek kini harus benar-benar serius memahami media sosial untuk menjangkau konsumennya. Survei terbaru dari BMI Research mengungkapkan bahwa 80% konsumen di Indonesia sangat terpengaruh media sosial dalam menentukan produk apa yang akan mereka beli.

Digital Director Manifesto Digital Consultant Matthew Rompas dan Advisor BMI Research Inu Mahfud.

Hasil riset tersebut terungkap dalam acara Kemang Bicara di Jakarta (4/03) yang membahas mengenai Preferensi Penggunaan Media Sosial Indonesia. Survei ini dilakukan terhadap 1.000 responden di 8 kota besar Indonesia, antara lain Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Medan, Malang, Makassar, dan Palembang.

Advisor BMI Research, Inu Mahfud, menjelaskan, dari seluruh aplikasi media sosial, Facebook menduduki peringkat teratas dalam mempengaruhi konsumen untuk membeli produk yaitu mencapai 44%, disusul Instagram 29%, dan Whatspps 8%. “Ketiganya adalah kelompok usaha Facebook sehingga sebenarnya perilaku konsumen kita sekarang dikuasai oleh aplikasi media sosial ini,” kata dia.

Sementara itu, Digital Director Manifesto Digital Consultant Matthew Rompas menambahkan, masyarakat Indonesia saat ini memang sangat konsumtif menggunakan media sosial. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah pengguna aktif Facebook di tanah air yang kini telah mencapai 107 juta orang. “Saat penetrasi internet naik signifikan dan media sosial marak, maka peluang promosi produk dan jasa untuk masuk sangat besar. Konsumen kita yang mayoritas pengguna media sosial pasti akan terpengaruh,” ungkapnya.

“Masyarakat sudah dapat menggantikan search engine dengan media sosial untuk mencari informasi yang lebih spesifik. Contohnya, kalo ingin mengetahui detail tentang review produk bisa ke Instagram. Masyarakat sudah cukup cermat kapan harus menggunakan media sosial,” ujar Matthew.

Meski demikian, untuk mendapatkan perhatian di media sosial tidaklah mudah karena menurut data riset ini, 60% orang Indonesia cenderung tidak mau berbagi informasi produk di media sosial. “Agar pemirsa mau berbagi informasi, maka kemasan konten yang memorable menjadi krusial, karena hal ini yang akan menggerakkan mereka melakukan pembelian,” Matthew menegaskan.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved