Business Research

Penonton TV Ramadhan 2013 Lebih Banyak 11%

Penonton TV Ramadhan 2013 Lebih Banyak 11%

Pemirsa TV pada Ramadhan 2013 lalu bertambah 11% menjadi 6,68 juta dibanding periode reguler sebelum Ramadhan. Kenaikan 11% ini sama seperti tahun 2012 lalu. Demikan hasil pantauan Nielsen di 10 kota besar di Tanah Air sepanjang 19 Juni hingga 30 Juli 2013.

Pada Ramadhan 2013 pemirsa wanita dewasa lebih banyak mencapai 2,4 juta pemirsa, pria dewasa 2,1 juta, remaja 753 ribu dan anak-anak 1,3 juta.

opera-van-javaAktivitas sahur berkontribusi signifikan pada jumlah penonton TV. Pada paruh waktu ini pukul 02.00 – 05.00 jumlah pemirsa membengkak hingga empat kali lipat mencapai 5,4 juta orang (11,2% dari total populasi TV).

Program hiburan, seperti komedi dan kuis berhasil meraih paling banyak pemirsa saat sahur. Rata-rata program jenis ini meraih rating 1,4 poin alias ditonton oleh rata-rata 686 ribu orang. Pemirsa menonton rata-rata 22 menit untuk menyaksikan program hiburan saat sahur.

Dua program komedi besutan CT Corp. Yuk Kita Sahur dan Opera Van Java meraih rating tertinggi yaitu, 2,8% dan 1,9% dengan jumlah penonton 1,37 juta dan 936 ribu orang.

Sejak beberapa tahun lalu program sinetron juga tayang di beberapa stasiun TV untuk menemani sahur dan ternyata banyak juga peminatnya. Tercatat rata-rata 653 ribu orang menonton sinetron rata-rata 15 menit setiap hari selama periode 20 hari Ramadhan.

Sinetron Para Pencari Tuhan Jilid 7 dan Anak-Anak Manusia yang tayang di SCTV dan RCTI meraih rating tertinggi di genre sinetron dengan rating 2,2% dan 2,1% dengan raihan jumlah penonton 1 juta orang.

Tak hanya program hiburan dan sinetron, siaran olahraga pun turut mendapat perhatian dari pemirsa dengan jumlah penontonnya mencapai rata-rata 413 orang (0,9 poin rating), yang menghabiskan kurang lebih 17 menit per hari untuk menonton olahraga di dini hari.

Yang unik adalah program balap motor MOTOGP berhasil berada di posisi dua dalam perolehan rating yaitu 2,3% dan jumlah penonton 1,1 juta orang.

Selain sahur, jumlah pemirsa juga bertambah sebanyak 17% saat sekitar waktu berbuka (16.00 – 19.00) menjadi 9,2 juta orang. Di paruh waktu ini 1,4 juta penonton memilih sinetron, naik 22% dari periode sebelum Ramadhan. Saat-saat ini sinetron meraih rating 2,8 poin.

Kenaikan jumlah penontonnya mencapai 17% menjadi 9,2 juta orang (18,9% dari total populasi TV). Di paruh waktu ini, sinetron meraih paling banyak penonton, yaitu sebesar rata-rata 1,4 juta orang atau setara dengan 2,8 poin rating. Perolehan penonton sinetron di paruh waktu ini juga lebih banyak 22% dibandingkan pada periode reguler.

Tukang Bubur Naik Haji di RCTI dan Mengetuk Pintu Hati di SCTV merupakan 2 sinetron dengan raihan rating penonton tertinggi 2,7 dan 2,2 juta orang. Ratingnya 5,6 dan 4,6 poin. Padahal meraih rating 2 saja sudah sulit.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved