Salip Apple, Samsung Pimpin Pasar Smartphone Dunia

Perang smartphone semakin memanas. Tak hanya di Indonesia, pasar smartphone di tataran global terus jadi rebutan. Berbagai strategi dilancarkan untuk merebut hati konsumen, termasuk memanfaatkan momen kejatuhan pesaing. Itulah yang dilakukan Samsung terhadap Apple.

Perusahaan teknologi dari Korea Selatan, Samsung Electronics Co meningkatkan pangsa pasar smartphone global pada kuartal kedua tahun ini. Samsung bahkan menyalip Apple Inc memimpin pasar dengan mengirim lebih dari 50 juta smartphone. Ini adalah jumlah terbesar yang pernah dikeluarkan vendor manapun dalam satu kuartal.

Laporan dari International Data Corporation (IDC) dan Strategy Analytics menunjukkan bahwa Samsung memperoleh pangsa pasar yang lebih besar pada kuartal kedua dibanding kuartal sebelumnya. Sementara itu pasar Apple menurun karena konsumen menunda pembelian iPhone hingga kemunculan versi terbaru tahun ini.

Beberapa laporan mengindikasikan kombinasi strategi Samsung yang tepat sasaran. Samsung menjual smartphone dalam kisaran harga yang luas dari model high-end hingga yang berharga miring. Ditambah kampanye pemasaran yang agresif mengukuhkan eksistensi Samsung di pasar global. Sebaliknya, Apple hanya menjual iPhone yang menyasar segmen high-end.

Menurut IDC, pasar ponsel dunia hanya tumbuh 1% dibanding kuartal sebelumnya. Meski demikian, pengiriman smartphone naik 42,1%. Seperti dilansir Wall Street Journal, IDC memperkirakan pengiriman smartphone Samsung secara global di kuartal kedua adalah 50,2 juta unit dengan pangsa pasar 32,6%. Di kuartal pertama Samsung melahap 29,1% pangsa pasar smartphone dan mengirim 42,2 juta unit.

Awal pekan lalu Apple mengklaim telah menjual 26 juta iPhone di kuartal yang berakhir bulan Juni. Menurut IDC, pangsa pasar Apple menurun kuartal ini dari 24,2% kuartal sebelumnya menjadi 16,9%.

Angka yang tak jauh berbeda diungkapkan Strategy Analytics. Mereka memperkirakan pengiriman smartphone Samsung di kuartal kedua sebesar 50,5 juta unit dengan pangsa pasar 34,6%. Samsung jauh meninggalkan Apple yang bertengger 17,8% di pasar smartphone. Dari sini terbacalah gap yang semakin besar dibanding kuartal pertama. Di awal triwulan 2012 Samsung menguasai 30,6% pasar smartphone sedangkan Apple 24,1%. (Wall Street Journal/Tika Widyaningtyas)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)