Solusi Proteksi Data Bagi Industri di Indonesia

Baru-baru ini Vanson Bourne melakukan survei terhadap 3.300 pembuat keputusan TI dari perusahaan kelas menengah hingga perusahaan besar di 24 negara, termasuk Indonesia. Sekitar 70% perusahaan yang disurvei mengalami kehilangan data atau downtime dalam kurun waktu 12 bulan terakhir. Bisnis mengalami rata-rata downtime lebih dari 2 hari kerja (19 jam) dalam 12 bulan terakhir.

Menurut penelitian tersebut, dalam kurun waktu 12 bulan terakhir perusahaan di Indonesia mengalami kehilangan hingga US$16 miliar karena data hilang dan downtime, jika dibandingkan dengan rata-rata kehilangan US$34 miliar di kawasan Asia Pasifik dan Jepang.

20141209_132538_500x281

 

Data hilang secara global melonjak hingga 400% sejak tahun 2012, dan yang mengejutkan, 71% kaum professional TI di Indonesia tidak yakin akan kemampuannya untuk memperbaiki masalah setelah gangguan terjadi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan Indonesia yang tidak menerapkan strategi ketersediaan secara berkelanjutan memiliki risiko 4 kali lebih besar untuk mengalami kehilangan data dibandingkan perusahaan yang telah menerapkan strategi tersebut.

“Saat bisnis terus berusaha untuk melindungi beban kerja mereka saat ini, hasil penelitian dari studi global ini menunjukan banyak perusahaan di Indonesia masih belum siap untuk menghadapi tantangan proteksi data yang muncul bersamaan dengan lahirnya tekhnologi storage data," ujar Adi Rusli, Country Manager EMC Indonesia.

Menurutnya, dengan berkembangnya tekhnologi proteksi data bersamaan dengan munculnya berbagai tantangan, bisnis di Indonesia akan menemukan cara yang lebih mudah untuk memproteksi data mereka dengan tetap mengikuti perkembangan dan berpikir strategis mengenai proteksi data agar dapat mempersiapkan diri lebih baik dalam menghadapi insiden yang tidak direnvanakan dan memakan biaya yang mungkin menyebabkan downtime dan data hilang. (EVA)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)